Entertainment

Ingin Bekerja Sebagai CG Artist untuk MV K-Pop? Simak Tips Berikut Ini

Selebritis

15 Agustus 2021 20:04 WIB

Salah satu scene MV TXT "Magic" yang menggunakan jasa CG Artist (Dok. Big Hit Music)

Solotrust.com - MV K-Pop banyak yang menggunakan CGI (Computer-Generated Imagery). Untuk itulah pekerjaan sebagai CG Artists (Computer Graphics Artists) dibutuhkan. Seorang CG Artist yang tidak mau disebut namanya berbagi tips untuk mereka yang ingin bekerja di bidang ini, sekaligus kelebihan dan kekurangan bekerja di bidang ini, di channel YouTube Doyouram baru-baru ini.

CG Artist yang pernah bekerja untuk MV K-Pop seperti "Butter" BTS dan "Magic" TXT itu mengatakan bahwa cara untuk menjadi CG Artist adalah mencari jenis video yang ingin dibuat lalu ditonton berulang kali serta memperhatikan detail dari video itu.



Ketika dia masih muda, dia belajar dengan membandingkan gambar sebelum dan sesudah dari film seri Harry Potter. "Dalam kasus saya, itu adalah Harry Potter. Jadi, tonton Harry Potter dan coba cari tahu detail apa yang dibuat dengan grafik komputer. Cari video film Harry Potter asli dan bandingkan dengan versi finalnya," jelasnya.

"Jika Anda benar-benar ingin menjadi CG Artist, Anda harus mulai berlatih sedini mungkin. Hal baiknya adalah bahwa latihannya berarti menonton film, video musik, atau acara favorit Anda. Ini akan sangat membantu Anda mengetahui apa yang harus dilakukan ketika Anda mempelajari CG dan mengerjakan CG," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa seseorang yang memiliki kesadaran spasial paling cocok untuk pekerjaan itu. "Jika Anda suka membayangkan gambar di kepala Anda dengan cara 3D, dan jika Anda pandai dalam hal itu, itu akan membantu Anda," katanya.

Tentang kelebihan menjadi CG Artist, dikatakan bahwa jika Anda adalah penggemar selebriti, Anda mungkin bisa bertemu langsung dengan mereka saat semua orang berada di lokasi syuting dan dapat melihatnya lebih awal dari yang lain.

Keuntungan lain adalah CG Artist tidak berkewajiban untuk menghapus file mereka setelah mengirimkan hasil akhir, sehingga mereka dapat menyimpan file itu untuk dilihat nanti.

Sementara itu, kekurangan menjadi CG Artist adalah mereka terlalu banyak bekerja dan lelah. Mereka sering begadang untuk menyelesaikan beban kerja yang tinggi.

"Ini sangat sulit. Bekerja pada grafik komputer membutuhkan banyak waktu. Ini juga membutuhkan banyak uang, tetapi juga membutuhkan banyak waktu. Itu berarti saya harus mengorbankan banyak waktu dan pekerjaan saya sampai larut malam, jadi ada banyak malam dimana saya tidak bisa tidur," ungkapnya.

Ia menambahkan, "Bahkan, ketika mengerjakan proyek besar, siklus waktu saya kacau selama sekitar satu bulan, yang membuatnya sangat sulit bahkan setelah proyek selesai."

Kesehatan mereka juga seringkali terganggu karena pekerjaan itu. "Ini buruk untuk penglihatan mata saya dan juga pinggang saya, karena saya bekerja duduk di kursi sepanjang hari. Dan saya menggunakan tablet mouse atau pena sepanjang hari, yang buruk untuk pergelangan tangan dan leher saya. Jadi ini cukup sulit," jelasnya. (Lin)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya