Hard News

Kunker ke Sorong, Presiden Jokowi Beri Bantuan Alat Pertanian

Nasional

4 Oktober 2021 12:02 WIB

Presiden Joko Widodo usai melakukan kunjungan kerja dan menanam jagung bersama para petani di Kabupaten Sorong, Papua Barat, Senin (4/10). (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

SORONG, solotrust.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan alat pertanian kepada para petani di Kabupaten Sorong, Papua Barat dalam kunjungan kerja (kunker) Senin (4/10).

Bantuan tersebut berupa pompa air, alat perontok gabah, alat pengayakan sagu, alat tanam jagung tunggal, alat tanam jagung dorong, alat pengolahan tanah, traktor roda dua dan traktor roda empat. Peralatan pertanian tersebut diharapkan dapat mendorong kapasitas produksi komoditas pangan di kabupaten Sorong.



Jokowi menyebut, di provinsi Papua Barat, dari  11 ribu hektar tanaman jagung dan 7 juta hektar tanaman pangan dan holtikultura baru 33 persen saja yang termanfaatkan untuk produksi.

“tadi saya minta Menteri Pertanian, Gubernur Papua Barat, untuk tingkatkan lagi produktivitas pertanian di Kabupaten Sorong dan juga di seluruh kabupaten di Papua Barat untuk tingkatkan kapasitas produksi,” kata Jokowi.

Presiden berharap dengan peningkatan kapasitas produksi mampu menopang kebutuhan pangan Papua.

“Merubah sistem ta nam dr sekali setahun jadi dua atau tiga kali setahun agar kebutuhan pangan di tanah Papua bisa di iapkan oleh pulau Papua sendiri,” imbuhnya.

Selain itu strategi lain telah disiapkan Presiden bersama Kementerian Pertanian (Kementan) dengan melaih 2000 petani milenial sebagai motor penggerak terlebih dengan modernisasi teknologi untuk menunjang ketahanan pangan.

“Saya yakin jika mereka diberi kepercayaan maka mereka mampu menciptakan ketahanan pangan utamanya di provinsi Papua Barat dan di seluruh Tanah Air,” ujar Jokowi.

Tak hanya bantuan alat, para petani juga akan diberikan akses modal usaha serta perbaikan irigasi yang akan dilaksanakan oleh Kementan, sebab kebutuhan jagung baik untuk komoditas pangan maupun pakan ternak masih harus ditingkatkan.

()