Pend & Budaya

Buntut Klaster PTM, Ratusan Siswa SMPN 8 Solo Diswab

Pend & Budaya

22 Oktober 2021 20:05 WIB

Ilustrasi tes swab (Foto: Pixabay/Van3ssa)

SOLO, solotrust.com - Ratusan siswa SMPN 8 Solo diswab, Jumat (22/10/2021). Hal itu sebagai dampak dari tracing sebelas siswa sebelumnya yang diketahui positif Covid-19.

Kepala SMPN 8 Solo, Triad Suparman mengatakan, sebanyak 310 siswa, 18 mahasiswa magang Universitas Sebelas Maret (UNS), serta 53 guru SMPN 8 Solo menjalani tes swab PCR. Hasil tes swab diketahui beberapa hari ke depan.



"Sebelumnya sebelas siswa kami diketahui positif Covid-19 dari tes sampling Kemenkes (Kementerian Kesehatan) beberapa waktu lalu. Mereka semua tanpa gejala. Setelah itu, karena ada yang positif, dilakukan tracing sesuai kebijakan DKK (Dinas Kesehatan Kota) Solo," paparnya.

Sementara itu, sampai saat ini total 62 siswa di Solo terpapar Covid-19. Jumlah itu merupakan siswa dari delapan sekolah, yakni SDN Mangkubumen Kidul, SDN Semanggi Lor, SDN Danukusuman, SD Kristen 1 Manahan, SD Islam Jamsaren, SMPN 8, SMPN 4, serta SMP Nur Hidayah.

Selain itu, enam guru juga diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster PTM tersebut.

"Tracing terus dilakukan, tapi beberapa sekolah ada juga tracing-nya yang dihentikan karena sudah tidak ada tambahan kasus. Salah satunya di SDN Semanggi Lor, sudah dihentikan," beber Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih.

Ditambahkan, dari 62 siswa itu, 34 di antaranya merupakan warga Solo, termasuk enam guru terkonfirmasi positif seluruhnya warga Kota Bengawan. Sementara 28 siswa lainnya merupakan warga luar Solo.

"Masih ditelurusi penularannya. Bisa jadi klaster sekolah atau klaster yang lain. Maka dari itu yang penting prokesnya (protokol kesehatan) diperketat, baik saat berada di sekolah atau pun di luar sekolah, Prokes menjadi wajib," pungkasnya. (awa)

(and_)