Hard News

Begini Cara Damkar Hancurkan Sarang Lebah

Jateng & DIY

22 Februari 2018 16:40 WIB

Sarang lebah (Dok. Damkar Surakarta)

SOLO, solotrust.com - Tugas utama Pemadam Kebakaran (Damkar) memang melakukan pemadaman terhadap kebakaran. Namun seiring berjalannya waktu, petugas Damkar juga sering menerima aduan untuk melakukan evakuasi sarang lebah.

Hal ini pun tetap mereka lakukan, karena memang tugasnya memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan, Kepala Dinas Damkar Kota Surakarta Gatot Sutanto mengatakan, jika melakukan evakuasi sarang lebah itu ada dalam tugas pokok dan fungsi (tupoksi), dari Damkar.



”Kalau di dasar hukum dan peraturan undang-undang memang ada. Namun kalau melakukan evakuasi itu kebanyakan anggota kami autodidak,” jelasnya kepada Solotrust.com, Kamis (22/2/2018).

Gatot pun membeberkan, cara melakukan evakuasi atau pemberantasan sarang lebah yakni dengan melakukan penyemprotan, pengasapan, hingga dilakukan penutupan dengan karung.

”Tidak semua sarang lebah sama saat evakuasi, jadi tergantung medan dan lokasinya seperti apa,” tegasnya.

Baca juga : Sengat Seorang Hingga 70 Kali, Sarang Lebah Ini Dimusnahkan Damkar

Seperti diberitakan Solotrust.com sebelumnya, tim Damkar Surakarta kembali melakukan evakuasi terhadap sarang lebah yang sudah menyengat tiga korban. Bahkan, dari mereka ada yang tersengat hingga sebanyak 70 kali. (dit)

(way)