Hard News

Wahana Ngopi In The Sky Dihentikan Pemda DIY

Nasional

7 Januari 2022 16:55 WIB

Wahana Ngopi In The Sky yang tergantung di bibir pantai Nguluran, Gunung Kidul, harus dihentikan sementara menunggu izin operasional dan tinjauan keselamatan. (Foto: Dok. TATv/adam)

GUNUNG KIDUL, solotrust.com – Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemprov DIY) menghentikan operasional wahana wisata Ngopi In The Sky di Gunung Kidul.

Wahana yang beroperasi sejak 2 Januari lalu itu sempat viral di media sosial, karena mengajak wisatawan merasakan sensasi minum kopi dari ketinggian 30 hingga 40 meter selama 30 menit.



Para pengunjung akan duduk di meja yang sudah disiapkan dan diangkat menggunakan alat berat crane. Wahana ini digantung di bibir pantai Nguluran, Gunung Kidul.

Sekretaris Daerah Pemprov DIY menyebut, penghentian operasional ini disebabkan belum adanya izin penggunaan dan sertifikasi keamanan. Meskipun pihak pengelola wahana tersebut mengklaim crane yang digunakan mampu mengangkat beban lebih dari 100 ton.

“Penggunaan crane itu belum ada izin penggunaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi barang, ini tentu juga harus ada penjamin keselamatannya. Kalau belum ada kita mohon dihentikan dulu sampai persyaratan-persyaratan terutama sertifikasi keselamatan pengunjung itu bisa didapat,” terangnya.

Pihak Pemprov DIY kini meminta pengelola untuk mengurus izin penggunaanserta tinjauan keamanan wahana. Sebab keselamatan dan kenyamanan wisatawan jauh lebih penting dan harus di jamin agar DIY tetap bisa dipercaya sebagai penyelenggara destinasi wisata yang nyaman dan aman///

“Saat ini sudah diproses oleh Dinas Pariwisata,” tandasnya. (adam)

(zend)