Ekonomi & Bisnis

Sinergi Bank BJB dan Kemendagri Kuatkan Penyelenggaraan Pemerintah Desa Lewat Layanan Perbankan

Ekonomi & Bisnis

30 Maret 2022 02:33 WIB

Penandatanganan nota kesepahaman oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro dan Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi dalam rangkaian acara Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022 di Gedung Edutorium UMS Solo, Selasa (29/03/2022)

SOLO, solotrust.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) melakukan sinergitas dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk penguatan penyelenggaraan pemerintah di desa melalui pemanfaatan layanan perbankan.

"Kami senantiasa mendukung pemerintah dalam upaya penguatan penyelenggaraan pemerintahan di desa. Hal ini sejalan dengan misi Bank BJB, yaitu memberikan kontribusi dan berpartisipasi sebagai penggerak dan pendorong laju perekonomian daerah," terang Direktur Utama Bank BJB, Yuddy Renaldi, Selasa (29/03/2022).



Sinergi Bank BJB dengan Kemendagri itu tertuang dalam nota kesepahaman tentang Dukungan Pemanfaatan Fasilitasi Layanan Perbankan dalam rangka Penguatan Penyelenggaraan Pemerintahan di Desa.

Nota kesepahaman ditandatangani Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro dan Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi. Kegiatan ini termasuk dalam rangkaian acara "Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022" (DNES 2022) di Gedung Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Selasa, 29 Maret 2022.

"Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama di antara para pihak. Hal ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi antara Kementerian Dalam Negeri dalam mendukung pembangunan ekonomi nasional melalui desa," papar Yuddy Renaldi.

Adapun ruang lingkup nota kesepahaman antara Kementerian Dalam Negeri dengan Bank BJB meliputi beberapa hal, di antaranya:

1. Peningkatan kapasitas sumber daya manusia aparatur pemerintah, pemerintah desa, dan masyarakat melalui penguatan pengelolaan keuangan;

2. Penguatan informasi penyelenggaraan pemerintah desa yang transparan, efektif, efisien, dan akuntabel;

3. Memfasilitasi jasa dan layanan perbankan untuk pemerintah desa dan masyarakat;

4. Mendukung penguatan perekonomian kepada pemerintah desa dan masyarakat;

5. Kerja sama lainnya yang disepakati kedua belah pihak.

Selain itu, Bank BJB bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat turut mendukung dan memeriahkan Expo Digitalisasi Nusantara dengan mengikuti pameran produk, jasa, dan layanan perbankan serta produk unggulan Provinsi Jawa Barat. (rum)

(and_)