Hard News

Taman Balekambang Solo Jadi Destinasi Wisata dan Piknik Saat Long Weekend

Jateng & DIY

14 Mei 2022 20:15 WIB

Warga Solo yang berpiknik di Taman Balekambang, Sabtu (14/5). (Foto: Dok. Solotrust.com/riesta)

SOLO, solotrust.com – Memasuki libur panjang ini, Taman Balekambang jadi pilihan wisata warga Kota Solo untuk dapat bertamasya bersama teman dan keluarga.

Berdasarkan pantauan dari Solotrust.com pada Sabtu (14/5) di Taman Balekambang, pengunjung yang datang untuk berwisata tergolong ramai dan memenuhi berbagai spot-spot yang tersedia disana.



Tourist Information Center (TIC) Taman Balekambang, Audina Bintari menjelaskan mendekati weekend ini biasanya wisatawan akan ramai berkunjung untuk menghabiskan waktu libur mereka.

“Kalo hari ini sih ya lumayan rame, tapi kalo weekend itu ngga nentu sih biasanya rame terus ya ngaa kadang-kadang pas hari biasa juga rame. Tapi ya kebanyakan ramenya ya pas weekend. Ternyata ini juga tadi lumayan, udah lumayan rame,” ungkapnya.

Tari, panggilan akrabnya, juga mengatakan jika kenaikan pengunjung saat weekend sangat signifikan dan wisatawan yang datang dari berbagai kalangan usia.

“Biasanya saat weekend per hari itu pengunjungnya bisa sampai 3.000 -  4.000 orang, kalo hari biasa 1.000-an pengunjung bisa juga dibawahnya. Dan itu rata-rata usianya beragam dari remaja, terus anak-anak, dan orang dewasa juga ada,” jelasnya pada Solotrust.com.

Untuk pengelolaan Taman Balekambang sendiri, Tari menjelaskan sudah ada anggaran yang disediakan untuk membeli makanan satwa seperti kangkung dan berbagai macam buah-buahan. Di sana juga terdapat beragam hewan seperti rusa, angsa, burung merak, dan kalkun yang dibebaskan agar dapat berinteraksi dengan pengunjung.

Tari juga turut memaparkan berbagai spot menarik favorit pengunjung saat melakukan wisata di Taman Balekambang.

“Kalau spot yang paling banyak diminati untuk anak-anak kecil ya di tempat main anak situ, tapi kalo anak-anak remaja biasanya itu gelar tiker gitu ada acara-acara, kalau di belakang deket kolam itu juga banyak buat orang mancing,” tuturnya.

Adanya acara Bakdan Ing Balekambang juga ikut menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung pasca Lebaran tiba. Jumlah pengunjung yang mengalami lonjakan membuat Taman Balekambang padat oleh wisatawan. (livia/riesta)

(zend)