Pend & Budaya

PPDB SMP Negeri Jalur Afirmasi Di Solo Dibuka, Simak Syarat dan Jadwalnya

Pend & Budaya

14 Juni 2022 16:41 WIB

Tangkapan Layar laman resmi PPDB Kota Solo

SOLO, solotrust.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP jalur afirmasi keluarga miskin (gakin) dan inklusi Tahun Ajaran 2022 di Kota Solo resmi dibuka mulai Senin (13/6) kemarin. Pendaftaran akan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 13-15 Juni 2022.

Jalur afirmasi diperuntukan bagi calon peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu atau rentan resiko sosial, anak berkebutuhan khusus bagi sekolah inklusif, serta anak tenaga kesehatan yang menangani Covid-19.



Mengutip dari edaran Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PPDB Kota Solo, kuota penerimaan jalur Afirmasi tingkat SMP di Kota Solo tahun ini sebesar 35 persen dari total kuota. Calon peserta didik diberikan kesempatan untuk memilih maksimal tiga sekolah di dalam zona tempat tinggalnya.

Bagi peserta didik yang tidak diterima melalui jalur ini, diperbolehkan untuk mengikuti pendaftaran melalui jalur lain.

Ditemui Solotrust.com, Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum SMPN 19 Solo, Sugeng Santosa menjelaskan syarat utama mendaftar jalur afirmasi adalah berasal dari keluarga miskin dan memiliki SK Wali Kota serta sejumlah dokumen lain.

“Untuk gakin syarat utama itu dia sudah termasuk keluarga miskin dan punya SK Wali Kota. Itu nanti diupload dipendaftaran. Kemudian syarat yang lain kartu keluarga otomatis, kemudian ijazah atau nomor NISN terlebih dahulu dan nomor NPSN,” ujar Sugeng, Senin (13/6).

Pengumuman penerimaan jalur afirmasi akan dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2022 secara online melalui laman resmi PPDB Kota Solo. Kemudian proses daftar ulang akan dilaksanakan pada tanggal 20 – 21 Juni 2022 tanpa dipungut biaya. (dds/sap)

(zend)