Ekonomi & Bisnis

Jelang Long Weekend, Belum Ada Extra Flight di Bandara Adi Soemarmo Solo

Ekonomi & Bisnis

15 Maret 2018 16:35 WIB

Ilustrasi. (dok)





SOLO, solotrust.com- Terkait libur panjang akhir pekan ini, belum ada informasi penambahan penerbangan esktra di Bandara Adi Soemarmo per- Kamis (15/3/2018).

Namun, manajemen bandara memperkirakan akan ada kenaikan pengguna jasa maskapai penerbangan selama libur panjang akhir pekan ini. Dari rata-rata 4.000 penumpang pada hari biasa menjadi 4.500-5.000 orang per- hari saat musim liburan.

Airport Operation, Services, and Hospitality Section Head PT AP I Bandara Adi Soemarmo, I Wayan Ova Arantika, optimis bahwa momentum libur panjang akhir pekan ini mendongkrak jumlah pengguna jasa meski tidak signifikan.

"Karena hanya ada tambahan libur satu hari itupun hari Sabtu. Kalau liburnya hari Jumat mungkin antusias pengguna jasa untuk liburan lebih banyak lagi," kata Wayan.

Sementara, Station Manager Lion Air Solo, Adhitya Yudha, mengatakan Lion Air tidak akan menambah ekstra flight baik untuk rute ke Jakarta maupun daerah lainnya.

"Justru rute Solo-Bali akan cancelled pada Sabtu (17/3) karena bertepatan dengan Perayaan Nyepi di Bali. Kalau untuk Jumat dan Sabtu tetap beroperasi tapi sejauh ini belum ada peningkatan signifikan untuk penumpang ke Bali. Biasanya kalau Nyepi begini justru wisatawan menghindari Bali," paparnya.

Menurutnya, untuk rute penerbangan ke Lombok diperkirakan load facktor naik hingg 90%. Angka itu diprediksi lebih tinggi dari load factor saat weekday yang biasanya hanya 70%. Adapun untuk rute dari Jakarta, ia memperkirakan tingkat keterisiannya akan penuh saat liburan. (Arum)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya