Hard News

Terperosok ke Dalam Saptic Tank, Lansia di Klaten Tewas

Jateng & DIY

15 November 2022 16:03 WIB

Petugas SAR Klaten semprotkan air bertekanan tinggi untuk mengevakuasi korban.

KLATEN, solotrust.com-  Hendak memperbaiki saptic tank yang rusak, Samsudin (62), warga Desa Jemawan, Kecamatan Jatinom, Klaten, Jawa Tengah  tewas tertimbun material tanah dan batu, Senin (14/11/2022) petang.

Korban diduga terperosok dan terjatuh saat memeriksa septic tank. Korban pertama kali diketahui oleh keluarga yang merasa curiga lantaran korban tidak ada di rumah. Setelah dicari, ternyata korban sudah berada di dalam septic tank dengan kedalaman 5 meter.



Proses evakuasi korban dari dalam septic tank berlangsung dramatis. Guna mempermudah proses evakuasi, tim SAR gabungan harus menyemprotkan air tekanan tinggi, untuk menyibakkan tanah dan material lainnya yang berada di dalam saptic tank.

“Korban ini tertimbun material sehingga kalau harus menggunakan peralatan takutnya justru meluai korban, sehingga terpaksa kita lakukan dengan semprotan air bertekanan tinggi.” Ujar Ketua Tim SAR Klaten, Irwan Santosa.

Irwan menambahkan, usia dilakukan penyemprotan, petugas menggunakan teknik blok and takkle menggunakan peralatan vertikal rescue untuk menarik korban ke atas. Setelah berjuang empat jam, akhirnya korban berhasil dievakuasi dalam kondisi tewas.

Korban selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan. (dewi)

()