Serba serbi

RS PKU Muhammadiyah Miliki Layanan Hemodialisa Satu-satunya di Karanganyar

Kesehatan

30 November 2022 01:31 WIB

Ketua PWM Jateng KH Tafsir dan Ketua PDM Karanganyar Muh Syamsuri saat melihat layanan Hemodialisa di RS PKU Muhammadiyah Karanganyar, Selasa (29/11/2022)

KARANGANYAR, solotrust.com - Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Karanganyar meluncurkan layanan kesehatan baru. Layanan medis diklaim satu-satunya di Karanganyar ini berupa hemodialisa atau cuci darah.

Hemodialisa merupakan layanan pertama di Kabupaten Karanganyar. Peresmian layanan medis ini dilakukan langsung Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah (Jateng), KH Tafsir, Selasa (29/11/2022).



Usai peresmian layanan hemodialisa, Direktur RS PKU Muhammadiyah, Aditiya Nurcahyanto, mengatakan layanan dialisis merupakan proses melewatkan darah ke suatu membran. Dengan begitu, zat-zat racun atau kelebihan elektrolit yang tidak dibutuhkan tubuh dapat keluar dari membran. Karenanya, darah menjadi bersih dan tidak membahayakan tubuh. Dialisis ada dua jenis, yakni hemodialisis dan peritoneal dialisis.

“Layanan ini dilakukan kepada pasien karena ginjal sudah rusak, sehingga fungsi pembuangan tidak bekerja lagi. Racun menjadi menumpuk. Adapun untuk membuang racun yang menumpuk tersebut perlu bantuan dialisis,” papar Aditiya Nurcahyanto.

“Kalau hemodialisis, maka proses dialisis menggunakan membrannya itu adalah mesin cuci darah. Sementara peritoneal dialisis adalah proses dialisis menggunakan membran perut pasien sendiri. Saat ini masih banyak hemodialisis, sedangkan untuk peritoneal dialisis masih jarang sekali,” sambungnya.

Pada kesempatan sama, Ketua PDM Kabupaten Karanganyar, Muh Syamsuri, mengatakan PKU Muhamadiyah terus mengembangkan unit layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Adanya layanan hemodialisa ini merupakan bagian dari layanan yang harus ada dan akan kami kembangkan di samping unit-unit layanan yang sudah ada sebelumnya,” kata dia

Sementara itu, Ketua PWM Jawa Tengah, KH Tafsir mengungkapkan dengan alat baru cuci darah ini diharapkan RS PKU Muhammadiyah Karanganyar dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Bertambahnya unit pelayanan ini, maka pelayanan kepada masyarakat dapat semakin baik,” pungkasnya. (joe)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya