Entertainment

Kabar Duka! Mak Nyak Si Doel Aminah Cendrakasih Meninggal Dunia

Musik & Film

21 Desember 2022 23:13 WIB

Aminah Cendrakasih, pemeran Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan meninggal dunia, Rabu, 21 Desember 2022 dalam usia 84 tahun. (Foto: Instagram/@si.rano)

Solotrust.com – Kabar duka datang dari panggung hiburan Tanah Air. Aminah Cendrakasih, pemeran Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan dikabarkan meninggal dunia hari ini, Rabu, 21 Desember 2022 dalam usia 84 tahun.

Kabar meninggalnya Aminah Cendrakasih diungkapkan Rano Karno di akun Instagram pribadinya, @si.rano.



Innalillahi wa inna ilaihi raji’un telah wafat Mak Nyak (Aminah Cendrakasih),” tulis sang aktor dalam postingannya disertai unggahan foto almarhumah.

Dalam postingannya di Instagram, Rabu malam, Rano Karno juga mendoakan Aminah Cendrakasih agar seluruh amal ibadahnya diterima Tuhan dan mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

“Semoga almarhumah diterima seluruh amal ibadahnya dan diberikan tempat terbaik disisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Aaminn Yaa Rabbal ‘Aalamiin,” tulisnya.

Aminah Cendrakasih diketahui sudah menderita sakit sejak lama. Di usia senjanya, aktris senior ini hanya mampu terbaring di tempat tidur selama beberapa tahun hingga akhir hayatnya.

Perjalanan Karier

Aminah Cendrakasih diketahui lahir pada 29 Januari 1936. Di industri perfilman nasional, sosoknya cukup populer. Sejak terjun di dunia akting pada era 1950-an, tercatat sedikitnya ada 101 judul film telah ia bintangi hingga 1989.

Kiprahnya yang begitu luar biasa di seni peran membuat Dewan Film Nasional mengganjarnya dengan penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan pada 1992.

Nama Aminah Cendrakasih kian melejit hingga dikenal publik luas saat terlibat di sinetron Si Doel Anak Sekolahan bersama almarhum Benyamin Sueb, Rano Karno, Maudy Koesnaedi, Cornelia Agatha, dan sederet bintang beken lainnya.

Dalam sinetron populer itu, Aminah Cendrakasih berperan sebagai Mak Nyak, ibunda Si Doel yang sederhana.

Kendati dengan kondisi tubuh lemah dan hanya mampu terbaring di atas ranjang, Aminah Cendrakasih masih sempat terlibat dalam penggarapan film Si Doel The Movie (2018). (and)

(and_)