Hard News

Jadi Pusatnya Kreativitas, Menko Airlangga Resmikan Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark

Jateng & DIY

6 Februari 2023 21:13 WIB

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meresmikan Kawasan Sains dan Teknologi, Solo Technopark (STP), Jebres, Senin (06/02/2023). (Foto: Dok. solotrust.com/rizka)

SOLO, solotrust.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meresmikan Kawasan Sains dan Teknologi, Solo Technopark (STP), Jebres, Senin (06/02/2023).

Airlangga Hartarto mengatakan, revitalisasi Solo Technopark merupakan kerja sama dengan ekosistem digital.



"Hari ini saya hadir mewakili bapak presiden meresmikan Solo Technopark. Revitalisasinya kerja sama dengan ekosistem digital. Saya lihat Shopee banyak menorehkan prestasi di sini," ungkapnya usai peresmian.

Airlangga Hartarto berharap Solo Technopark menjadi sumber peningkatan sumberdaya manusia (SDM) dan sumber kegiatan entrepreneurship di Solo dan sekitarnya.

"SDM diambil dari Solo dan sekitarnya. Kalau dari kami kita memberikan pelatihannya, memfasilitasi perawatannya," kata dia.

Kota Solo, menurut Airlangga Hartarto memiliki peran strategis dan menjadi kota industri kecil menengah (IKM), serta kota jasa dalam 15 tahun terakhir. Pertumbuhannya bisa mencapai 5,8 persen. Solo Technopark menjadi salah satu ikon untuk talenta-talenta kreatif.

“Atas nama Bapak Presiden dan pemerintah melakukan apresiasi atas revitalisasi Solo Technopark, terutama  kerja sama dengan Shopee, Bank Mandiri, SKK Migas, dan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa,” ucap Menko Bidang Perekonomian.

“Diharapkan fasilitas ini bisa menciptakan start up-start up baru dan kami berharap Solo Technopark bisa memperkuat kolaborasi lintas sektor dan multistakeholders. Ini merupakan solusi inovatif  Solo Technopark untuk memenuhi kebutuhan teknologi bagi semua," sambungnya.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka berharap hadirnya fasilitas terbaru di Solo Technopark dapat membawa Kota Solo semakin berdaya saing global melalui inovasi dan teknologi.

"Sebagai salah satu smart city di Indonesia, Solo siap mempersiapkan putra-putri daerah menuju era digital. Kami wujudkan melalui pendirian Solo Technopark pada tahun 2014 yang saat ini telah berkembang menjadi kawasan sains dan teknologi terpadu, serta pusat pengembangan inovasi se-Jawa Tengah," ungkapnya.

Putra sulung Presiden RI Joko Widodo  juga berharap, dihadirkannya berbagai fasilitas terbaru di kawasan ini mampu menjawab berbagai tantangan di era teknologi saat ini sehingga akan menstimulasi pemulihan ekonomi daerah.

"Harapannya juga bisa dimanfaatkan warga Solo untuk berkolaborasi dan menciptakan inovasi secara maksimal,” kata Gibran Rakabuming.

Pemimpin BLUD Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark, Yudit Cahyantoro menjelaskan, Solo Technopark didirikan pada 2009 lalu, kini hadir dengan beberapa fasilitas publik baru yang dapat dimanfaatkan masyarakat, di antaranya lapangan futsal dan lapangan basket, area komunal termasuk boulevard air mancur serta gedung baru sebagai area kolaborasi, yakni Gedung Gumarang dan Gedung Sembrani. Keduanya diharapkan menjadi techhub untuk melahirkan inovasi.

"Kami mendukung sekaligus berterima kasih kepada pemerintah Kota Solo yang terus bersama-sama berupaya memajukan Solo Technopark ini dengan menggandeng berbagai mitra, mulai dari e-commerce, bank, dan tenant lainnya untuk berkolaborasi secara strategis dalam mengembangangkan kawasan terpadu ini," terangnya.

Dalam kesempatan ini dilakukan pula penyerahan fasilitas Gedung Sembrani, Gedung Gumarang, boulevard air mancur, lapangan basket, dan lapangan futsal dari Ye Gang, Co-Founder and Chief Operating Officer Sea, induk perusahaan Shopee dan Garena. (riz)

(and_)

Berita Terkait

Solo Techno Hexabition Semarakkan HUT ke-279 Kota Bengawan

Pertemuan Pertama usai Diusung Cawapres, Gibran Banjir Pujian Erick Thohir

Gandeng Huawei, Solo jadi Percontohan Giga City bagi Kota Lain

Degree Crypto Token Buka Pusat Literasi Gratis di Solo

Etnic K Sulap Karung Goni Jadi Produk Cantik dan Unik

Kembangkan Kreativitas UMKM dan Bakat Anak Muda, Solo Technopark Hadirkan Fasilitas Baru

Segera Diresmikan, Dirjen Pemasyarakatan Tinjau Kesiapan Lapas Baru di Nusakambangan

Warga Boyolali Tinggalkan Acara Peresmian Embung, Gegara Presiden dan Gubernur Tak Hadir

Resmikan Gedung Bakorlak SAR, Rektor UNS Berharap Layanan Bencana Lebih Baik

10 Hari Jelang Peresmian, Menteri Basuki Evaluasi Banyak Ornamen Masjid Sheikh Zayed

Hampir Rampung, Pembangunan Masjid Sheikh Zayed Solo Sudah Capai 91 Persen

Bakal Diresmikan November, Tim CPC UEA Cek Progres Pembangunan Masjid Sheikh Zayed Besok

Pemerintah Indonesia Serukan Deeskalasi Konflik di Timur Tengah

Golkar Minta Jatah 5 Kursi Menteri ke Prabowo, Ini Tanggapan Gibran

Gibran Dinilai Kerap Blunder saat Kampanye, Ini Respons Airlangga Hartarto

Kartu Prakerja akan Dilanjutkan Tahun Depan, Airlangga Hartarto: Tunggu Pemilu Dulu

Airlangga Hartarto Sebut Koalisi Indonesia Maju sudah Pastikan Nama Cawapres Prabowo

Soroti Kualitas Udara di Jakarta, Airlangga Hartarto Beri Pesan Insinyur Perhatikan Konstruksi Pembangunan Gedung

Kunker ke Inggris Sepekan, Ini Oleh-oleh Gibran

Tok! SE Konsumsi Daging Anjing Sudah Terbit

Gibran Pilih Ngantor di Hari Pertama Masa Kampanye

Prabowo Fix jadi Capres, Gerindra Sukoharjo Gelar Aksi Berbagi dan Syukuran

174 Rumah untuk ASN di Karanganyar Siap Bangun, DP 0%

Gibran Bantah Isu Urus SKCK untuk Daftar Cawapres

Berita Lainnya