Ekonomi & Bisnis

Kembangkan Kreativitas UMKM dan Bakat Anak Muda, Solo Technopark Hadirkan Fasilitas Baru

Ekonomi & Bisnis

9 Desember 2021 17:31 WIB

Peresmian Shopee Solo Creative dan Innovation Hub serta Gaming & Community Hub di Solo Technopark oleh Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki serta Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja, Senin (06/12/2021).

SOLO, solotrust.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan menggenjot terus Solo Technopark sebagai tempat produktif yang dikomandoi para anak muda. Anak-anak muda Solo tidak akan kehabisan tempat untuk berkreasi dengan adanya ruang publik yang bisa mengakomodasi minat dan bakat mereka.

Peresmian Shopee Solo Creative dan Innovation Hub serta Gaming & Community Hub di Solo Technopark oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki serta Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja, Senin (06/12/2021) menjadi buktinya.



"Peresmian Kantor Shopee merupakan kemajuan yang sangat bagus karena semakin banyak peran swasta dalam pengembangan UMKM dan startup untuk para pebisnis pemula di Kota Surakarta," ujar Gibran Rakabuming, Senin (06/12/2021).

Menurutnya, Solo Technopark menjadi tempat penggemblengan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta wirausaha muda yang membawa pengaruh positif bagi para anak muda di Kota Solo. Dengan begitu, UMKM Kota Solo bakal naik kelas dengan banyaknya fasilitas inkubator, akselerator yang bertujuan membina dan memajukan UMKM di Kota Bengawan.

“Para anak muda Kota Solo bisa mengembangkan skill (keterampilan-red) dan kemampuan di sini (Solo Technopark). Ada meeting room (ruang pertemuan), para anak muda dari kampus UNS, ISI maupun Akademi Tekstil dan mahasiswa lainnya bisa berkumpul menyalurkan ide dan kreativitas di hub-hub yang telah tersedia,” kata Gibran Rakabuming.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga berencana membuka creative hub menggabungkan antara pengembangan UMKM anak muda dengan co-working space dan game hub.

Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki mengatakan, industri digital yang melahirkan transformasi UMKM harus lebih dipercepat karena bisa mengoptimalkan kekuatan ekonomi digital.

“Selama pandemi nilainya sekitar Rp640 triliun. Tahun 2025 nanti Indonesia ekonomi digitalnya diprediksi terbesar di Asia Tenggara sebesar Rp1700 triliun,” ungkapnya.

Teten Masduki meyakini, keberadaan swasta dalam pengembangan UMKM akan lebih menumbuhkan industri UMKM lebih cepat. Dengan pertumbuhan demografi Indonesia didominasi anak muda dengan 68 persen dan sesuai survei 70 persen berminat menjadi wirausahawan.

Ke depan, pemerintah pusat akan mengembangkan wirausaha by design dengan wirausaha muda berbasis kreativitas dan inovasi ekonomi supaya UMKM Indonesia memiliki daya saing tinggi di pasar domestik maupun pasar global.

"Jumlah wirausaha muda akan ditambah yang saat ini masih 3,47 persen dan pada 2024 ditargetkan 3,95 persen. Untuk menjadi negara maju, wirausaha muda minimum berjumlah empat persen dari seluruh wirausaha yang ada,” katanya.

Indonesia harus siap menjadi negara maju di 2045. Oleh karena itu, pemerintah pusat sedang menyiapkan Perpres Kewirausahaan, nantinya dengan pendekatan inkubasi untuk melahirkan wirausaha-wirausaha muda yang punya produk unggul serta bisnis inovatif.

Teten Masduki mengajak marketplace yang ada untuk mengoptimalkan Creative dan Innovation Hub untuk mengakomodasi anak-anak muda di Solo menjadi wirausaha muda unggul. Terlebih Solo Technopark menjadi pusat dari ekonomi digital kali pertama di Indonesia.

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja menyampaikan, Solo Technopark sebagai hub untuk pengembangan teknologi sejak 2014 dan kini juga menjadi hub untuk pengembangan UMKM.

“Awal tahun 2021, kami minta izin untuk membuka kantor kami di Solo. Wali kota menawarkan untuk menggunakan Solo Technopark sebagai lokasi. Hari ini kita wujudkan kerja sama dengan membuka Garena sebagai gaming hub dan Shopee sebagai creative dan innovation hub,” jelasnya.

Shopee Indonesia sangat bangga membawa semangat baru meresmikan kedua sarana yang bisa menjadi wadah bagi generasi muda untuk pelaku UMKM dan usaha lainnya di Solo dan Jawa Tengah untuk bisa bersama-sama menelurkan ide dan berkolaborasi di Solo Technopark.

Shopee Indonesia menghadirkan ekosistem telah terbangun secara gratis dengan harapan melahirkan generasi muda baru yang menggunakan minat dan bakat untuk berinovasi dan berkolaborasi mengembangkan industri hiburan. Khususnya games dan generasi muda wirausaha yang menjadi titik tumbuh pemulihan dan pengembangan ekonomi digital.

Creativedan Innovation Hub serta Games Hub diharap menimbulkan efek positif di Kota Solo dalam percepatan pemulihan ekonomi. Fasilitas pengembangan UMKM ini juga bertujuan mendukung semangat kewirausahaan dan mempertemukan orang-orang kreatif dengan berbagai spesialisasi.

Selain itu juga membuka jejaring, berbagai agenda bertajuk pengembangan bisnis/personal turut diselenggarakan di fasilitas tersebut. Kehadirannya cukup relevan, seiring adanya tren pengembangan UKM atau startup, khususnya di kalangan muda.

Adapun dari bentuknya, ada beberapa jenis creative hub di berbagai kota di Indonesia. Direpresentasikan dalam coworking space, pusat pelatihan, inkubasi, hingga sistem informasi (virtual). Dengan layanan mencakup ruang kerja, studio, ruang rapat, dan lainnya dilengkapi fasilitas, seperti konektivitas internet, program konsultasi, hingga dukungan bisnis lainnya.

Sebagai informasi, Pekan Kreasi Shopee di Solo Technopark hadir mulai Sabtu 4 Desember hingga Senin 6 Desember 2021. Kegiatan ini menjadi rangkaian acara peresmian fasilitas terbaru di Solo Technopark, yakni Shopee Solo Creative & Innovation Hub dan Garena Gaming & Community Hub.

Banyak kegiatan terbuka untuk umum dan gratis, seperti kompetisi game Free Fire, graffiti corner, kompetisi dance, penampilan band, serta bazaar kuliner dan UMKM Kota Solo. (rum)

(and_)

Berita Terkait

Solo Techno Hexabition Semarakkan HUT ke-279 Kota Bengawan

Pertemuan Pertama usai Diusung Cawapres, Gibran Banjir Pujian Erick Thohir

Gandeng Huawei, Solo jadi Percontohan Giga City bagi Kota Lain

Degree Crypto Token Buka Pusat Literasi Gratis di Solo

Jadi Pusatnya Kreativitas, Menko Airlangga Resmikan Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark

Etnic K Sulap Karung Goni Jadi Produk Cantik dan Unik

Bandara Adi Soemarmo Tak Lagi Berstatus Internasional, Gibran Optimistis Tak Pengaruhi Kunjungan Wisata

PDIP Tegaskan Gibran dan Jokowi Bukan Lagi Kadernya

Gibran ke Jakarta Besok, Dampingi Prabowo di KPU dan Silaturahmi dengan Kubu Paslon 01-03

Megawati Surati MK, Ini Tanggapan Gibran

Warga Terima 10 Ribu Paket Sembako dari Solo Bersama Selamanya, Gibran: Semoga Bermanfaat

Gibran Wanti-wanti Jukir Tak Pasang Tarif Parkir Ngepruk: Laporkan Saja Kalau Ada

Solo Tuan Rumah Peringatan Hari Koperasi dan UMKM Nasional 2023

Segera Cair, Pelaku Usaha Mikro Dapat Bantuan Produktif Rp2,4 Juta

Pedagang Tanah Abang Minta Semua E-commerce Ditutup, Netizen: Ngelunjak, Dikasih Hati Minta Jantung

Belajar di Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo, Gratis untuk UMKM

Mintra Pengantaran Shopeefood Mengadu ke Gibran, Minta Kenaikan Tarif

Persis Solo Kerja Sama dengan Shopee, Kembangkan 10 UMKM Terpilih

Tidak Ada Kenaikan Tarif Bagi Driver Shopee, Begini Alasannya

Pemkot Solo dan Shopee Siap Pamerkan Produk UMKM di Paris

Gandeng Pemkot Solo, Shopee Indonesia Bangun Kampung Semanggi Harmoni

Dapat Dukungan Shopee, UMKM Solo Tembus Pasar Dunia

Buka Kantor di Solo, Shopee akan Buka Lapangan Kerja dan Dukung Pertumbuhan UMKM

Siapkan Pasar Ekspor, Shopee dan Pemkot Solo Buka Kampus UMKM

Pemkot Solo Dorong UMKM Tembus Pasar Internasional dengan Go Digital

Mahasiswa FTV ISI Surakarta Juara 2 Lomba Video Reels Nasional

Usai Daftar di Demokrat, Ketua Golkar Karanganyar Lamar Bacabup ke PKB Karanganyar

Tingkatkan Layanan, Aston Inn Pandanaran Semarang Hadirkan Nama Kamar Baru

Gandeng Provider Arab Saudi, Telkomsel Siap Layani Jemaah Haji di Tanah Suci

Ketua Gerindra Jateng Restui Sapto Nyalon Bupati Sukoharjo

Dua Kandidat Bacabup dan Bacawabup Boyolali Ambil Formulir Pendaftaran di Partai Gerindra

Berita Lainnya