Hard News

Raja Salman Beri 1000 Kuota Haji Gratis untuk Keluarga Syuhada Palestina dan Yaman

Global

26 Juni 2023 13:40 WIB

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Solotrust.com - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud memberikan seribu kuota haji gratis kepada umat Islam asal Palestina dan Yaman.

Kuota haji gratis diberikan Raja Arab Saudi diprioritaskan bagi keluarga syuhada (pejuang yang mati syahid) dan korban luka dalam konflik dengan Israel. Pemberian kuota haji gratis ini disampaikan Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Arab Saudi Sheikh Dr Abdullatif bin Abdulaziz Al-Syaikh.



“Kuota haji gratis yang diberikan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud untuk Muslim Palestina diprioritaskan untuk keluarga syuhada (pejuang yang mati syahid) dan korban luka,” kata Sheikh Dr. Abdullatif bin Abdulaziz Al-Syaikh dalam konferensi pers di Makkah, Minggu (25/06/2023), dikutip dari sebuah sumber.

Program haji gratis juga diberikan kepada 150 ulama Yaman, 280 peserta asal Suriah, 130 peserta dari Organisasi Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Arab (ALECSO), serta sebanyak 1300 peserta dari 90 lebih negara di dunia.

Pihaknya memastikan akan memberikan layanan terbaik untuk semua peserta program haji gratis dari Raja Salman, mulai dari kedatangan serta keberangkatan jemaah hingga kembali ke negara asal. Selain itu, Kerajaan Arab Saudi telah mempersiapkan lebih dari seribu masjid, termasuk Miqat dan area di sekitar tempat suci.

Khusuusntuk musim haji, sebanyak 1300 khatib telah ditugaskan untuk bekerja sepanjang waktu dalam melaksanakan 200 ribu kegiatan bimbingan atau penyuluhan. Sheikh Abdullatif mengatakan lebih dari 7200 personel telah ditugaskan untuk melayani jamaah haji.

Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Arab Saudi juga mendistribusikan jutaan salinan Alquran sebagai hadiah dari Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz kepada setiap peziarah.

Selanjutnya, kementerian menerjemahkan ayat-ayat Alquran ke lebih dari 76 bahasa internasional. Layanan perpustakaan elektronik juga telah diperkenalkan dengan menyediakan lebih dari seribu bahan ilmiah dan panduan dalam berbagai bahasa internasional. (Arum)

(and_)