Hard News

Satlantas Polresta Solo Hapus Lintasan Zig-zag dan Angka 8 di Ujian Praktik SIM C

Jateng & DIY

05 Agustus 2023 18:05 WIB

Seorang pengendara sepeda motor tengah mengikuti uji praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C

SOLO, solotrust.com - Satlantas Polresta Solo akan mulai menerapkan uji praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C model terbaru tanpa menggunakan lintasan zig-zag dan angka 8.

Hal itu menyusul penerapan Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Tengah (Jateng) menindaklanjuti arahan Kapolri yang mulai menerapkan materi baru uji praktik bagi masyarakat pemohon SIM C, Jumat (04/08/2023).



Kasatlantas Polreta Solo, Kompol Agung Yudiawan, menyampaikan sesuai regulasi baru arahan Dirlantas untuk mengubah uji praktik SIM C.

"Semula ada lima item, sekarang menjadi empat item, yakni angka 8 sudah dihapus diganti huruf S. Kami juga hapus lintasan zig-zag. Ujian ini juga tanpa mengurangi atau menghilangkan kemampuan dari pemohon untuk mendapatkan SIM," terangnya, Sabtu (05/08/2023).

Selain penghapusan dua lintasan itu, sejumlah perubahan juga diberlakukan, yakni mengakomodasi ukuran lintasan lebih lebar serta menambahkan materi ujian berkendara. Sebanyak empat item lintas terbaru, yakni jalan lurus, berbelok atau berbalik arah, huruf S, dan huruf Y.

"Senin (07/08/2023) sudah bisa dioperasikan untuk pemohon SIM," kata Kompol Agung Yudiawan.

Dengan sistem ujian praktik SIM C baru ini, diharapkan masyarakat dapat mendapatkan kemudahan dalam melakukan permohonan SIM.

"Kami harapkan juga tidak mengurangi keahlian keterampilan pengendara dalam berkendara nantinya. Selain itu masyarakat dapat melaksanakan permohonan SIM ini langsung turun ke lapangan tanpa melalui calo," hatap kasatlantas.

Lebih lanjut, Kompol Agung Yudiawan menjelaskan, perubahan jalur ujian praktik SIM C ini lantaran banyak masyarakat merasa ujian sebelumnya terlalu sulit.

"Masyarakat merasa sulit, jadi ujian praktik diperbaharui. Wilayah Solo ini setiap minggu kami bisa mendapatkan sekitar 400 pemohon. Kita lihat nanti setelah ujian praktik SIM C model baru ini apakah akan naik," beber dia.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Agus Suryonugroho, mengatakan seluruh jajaran mengubah sistem pengujian praktik SIM secara serentak.

"Seluruh jajaran mengubah sistem pengujian praktik SIM secara serentak. Semoga masyarakat akan lebih mudah," kata Kombes Pol Agus Suryonugroho dalam rilisnya, Junat (04/08/2023).

Pihaknya memastikan pemohon SIM mengikuti ujian praktik akan lulus dengan kesempatan untuk berlatih sebelumnya. (riz)

(and_)