Ekonomi & Bisnis

Marak Produk Thrifting Impor Masuk Indonesia, IASA Perjuangkan Brand Lokal di Pasaran Outfit Outdoor

Ekonomi & Bisnis

6 September 2023 21:33 WIB

Bazar outfit outdoor dalam acara Munas IASA 2023 di Hotel Grand Bintang Tawangmangu, Rabu (06/09/2023)

KARANGANYAR, solotrust.com - Para produsen, distributor, dan reseller produk outdoor Indonesia, tergabung dalam Indonesia Adventure Store Association (IASA) menggelar musyawarah nasional (Munas) masa bakti 2024-2027 di Grand Bintang Hotel Tawangmangu, Selasa hingga Kamis (05-07/09/2023).

Dalam forum ini para pengusaha merapatkan barisan menguatkan brand lokal serta berkompetisi lebih aktif melawan produk thrift impor. Selain munas, digelar pula bazar produk outfit oudoor dalam negeri diikuti puluhan brand lokal.



Ketua Panitia Munas IASA 2023, Yuis Setiawan, mengatakan 150 pengusaha produk adventure menghadiri munas. Mereka merupakan produsen, distributor, reseller serta pelapak dari Sabang sampai Merauke serta koordinator masing-masing wilayah.

Selain memilih pengurus periode 2024-2027, munas juga membahas kondisi pasar terkini. Gempuran produk adventure trhrifting impor sungguh sangat memberatkan para pengusaha lokal. Apalagi yang baru saja merintis dan mem-branding produknya.

“Dalam hal ini bagaimana para pengusaha adventure outdoor saling menumbuhkan bisnis dan kompetitif. Kita ingin brand Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Jangan sampai brand luar yang merajai, padahal venue adventure melimpah di Indonesia,” ujarnya, Rabu (06/09/2023).

Dalam kegiatan munas dan bazar ini, para peserta dipersilakan menjalin komunikasi bisnis antarsesama. Acara ini merupakan media bertatap muka langsung dengan rekanan maupun calon rekanan.

Sejumlah brand adventure outdoor ikut menyokong kegiatan, diantaranya Savana, Air Protec, Eleamino, PelvouxTendakiRei, Cozmeed, Maha Meru, Consina, dan produk produk lainnya.

Ketua Terpilih IASA, Tongam Panggabean, mengatakan pasar di dalam negeri seharusnya bisa dikuasai pemain lokal. IASA berupaya membangkitkan lagi semangat para pengusaha outdoor merebut pasaran.

"Semua produk outdoor akan berkembang untuk kita dan dari kita supaya lebih ramai sebab brand lokal yang mendukung IASA,” ucapnya.

Tongam Panggabean meyakini pengusaha lokal mampu bersaing dengan produk thrift impor. IASA juga menggugah para pengusaha adventure outdoor memakai semua kemudahan bisnis online dalam mengembangkan usahanya masing masing. (joe)

(and_)