Serba serbi

Menikmati Segarnya Es Degan di Kawasan Pasar Klewer Solo

Wisata & Kuliner

15 November 2023 14:05 WIB

Sri Mulyono menjajakan es degan di area Pasar Klewer Solo. (Foto: Dok. solotrust.com)

SOLO, solotrust.com - Air kelapa muda atau dikenal dengan air degan merupakan minuman segar yang cocok dinikmati saat cuaca panas seperti sekarang. Air dari buah ini juga banyak digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit serta dapat menjaga daya tahan tubuh.

Tak sedikit pula orang menikmati air degan dengan cara dicampur menggunakan gula aren. Di Solo, es degan banyak dijumpai di berbagai sudut kota.



Salah satu penjaja es degan di kawasan Pasar Klewer, Sri Mulyono, bahkan telah menekuni usahanya ini selama bertahun-tahun, warisan dari keluarga.

“Saya berjualan di sini menggantikan ibu saya yang sudah meninggal dunia,” kata Sri Mulyono kepada solotrust.com, Selasa (14/11/2023).

Sebagaimana pedagang kaki lima (PKL) umumnya, ia mengaku omzet yang didapat setiap harinya tidaklah menentu.

“Hari biasa (Senin sampai Jumat) seringnya mendapatkan 30 kelapa, tapi kalau Hari Sabtu dan Minggu bisa mendapatkan 50 kelapa,” ungkap Sri Mulyono.

Pria paruh baya ini membuka lapaknya di lantai dua Pasar Kelewer dari pukul 10:00 hingga 17:30 WIB.

Sri Mulyono menjajakan es degan dagangannya dengan harga Rp7000 per gelas. Pembeli dapat memilih menikmati es degan orisinal atau ditambah gula aren.

Kawasan tempatnya berjualan tak pernah sepi pengunjung. Saat akhir pekan, Sri Mulyono dapat mengantongi omzet lebih tinggi dari hari biasanya.

*) Reporter: Shara Umi Anggraini/Citra Purnama Sari/Anggri Septiani

(and_)