Serba serbi

Nyore Syahdu di Alun-alun Kidul, Kulineran Sambil Menikmati Suasana Solo

Wisata & Kuliner

06 Desember 2023 15:05 WIB

Suasana di Alun-alun Kidul Solo saat sore dan malam hari. (Foto: Instagram/@solonyaman/@photo.bytopo)

SOLO, solotrust.com - Ngomongin soal Kota Solo tentu saja tak bisa lepas dari Keraton Kasunanan Surakarta. Keraton bersejarah ini merupakan sebuah warisan budaya Jawa berupa fisik bangunan kerajaan, benda artefak, seni budaya, serta adat istiadat setempat.

Keraton Surakarta Hadiningrat atau biasa disebut sebagai Keraton Kasunanan Surakarta merupakan istana resmi Kasunanan Surakarta yang terletak di Kota Solo, Jawa Tengah.



Keraton Kasunanan Surakarta memiliki budaya dan tradisi kuat yang masih terjaga hingga kini. Kerajaan didirikan Pakubuwono II pada 1744 ini masih memiliki hubungan kekerabatan dengan Keraton Kasultanan Yogyakarta. Bahkan bangunan dan budayanya pun juga hampir mirip.

Keduanya sama-sama memiliki dua alun-alun yang berada di dekat keraton. Alun-alun ini juga mempunyai nama sama, yakni Alun-alun Lor dan Alun-alun Kidul.

Pada zaman dulu di Alun-alun Lor terdapat beberapa bangunan dengan berbagai fungsinya masing-masing. Sebelah Barat terdapat pakapalan yang digunakan sebagai tempat menambatkan kuda para abdi dalem dari berbagai daerah yang akan menghadap raja.

Sebelah tenggara, berdiri bangsal patalon sebagai tempat gamelan setu yang dibunyikan untuk mengiringi latihan prajurit keraton. Pada bagian tengah terdapat dua pohon beringin yang dikurung di dalam pagar.


Sementara di sisi Barat terdapat Masjid Agung yang dijadikan pusat dakwah Agama Islam. Sebelah Barat Daya dan Timur Laut terdapat pintu gerbang Slompretan dan Batangan.

Nah, jika menyambangi Alun-alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta, kamu akan mendapati suasana sangat ramai. Ya, tempat ini menjadi salah satu ruang publik bagi warga Kota Bengawan untuk melepas penat atau sekadar bersantai bareng teman maupun keluarga.

Di Alun-alun Kidul kamu akan menjumpai dua pohon kokoh dan rindang yang disebut pohon beringin kembar. Kedua pohon ini usianya terbilang sudah sangat tua dan turut menjadi saksi bisu perkembangan Kota Solo dari masa ke masa.

Terlepas dari itu, saat singgah di Alun-alun Kidul Solo, satu hal yang pasti jangan sampai ngelewatin buat icip-icip aneka kuliner dijajakan di tempat ini. Ada beragam jenis makanan ditawarkan para pedagang kaki lima di sini, mulai dari makanan tradisional hingga kekinian, semua ada.

Ya, di Alun-alun Kidul kamu bisa nyobain enaknya sosis naga, bakso bakar, sempolan, cumi bakar, es goreng, tempura, wedang ronde, cilok, cilor, kue leker, terang bulan, tahu gejrot, hingga takoyaki.

So, kamu nggak perlu takut kelaparan atau kehausan saat jalan-jalan ke Alun-alun Kidul, Guys. Lokasi ini juga bisa kamu jadikan sebagai tempat bersantai di sore hari sambil menikmati suasana Kota Solo.

*) Repoter:Yesi Ratna Sari/Wittia Dina Ameliya/Zelin Monica

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya