Serba serbi

Fakta-fakta Unik Tahun Kabisat 2024

Serba serbi

29 Februari 2024 22:02 WIB

Ilustrasi (Foto: Freepik/newfabrika)

Solotrust.com - Penambahan satu hari pada Februari kerap disebut tahun kabisat. Hal itu lantaran bulan ini mempunyai hari lebih sedikit dibandingkan bulan-bulan lainnya.
 
Revolusi bumi mengelilingi matahari berpengaruh terhadap waktu, sehingga dalam empat tahun sekali menyisakan waktu yang dibulatkan menjadi satu hari. Pembulatan hari ini disisipkan pada Februari yang disebut tahun kabisat.
 
Berikut fakta yang terjadi dalam tahun kabisat 29 Februari 2024.
 
1. Tanggal lahir pada hari kabisat 
 
Bagi seorang yang lahir pada 29 Februari di tahun kabisat, bukan berarti mereka merayakan ulang tahun setiap empat tahun sekali. Siapa saja lahir pada tahun kabisat, umurnya juga tetap sama seperti orang lain umumnya.
 
Sering dijumpai orang lahir pada tahun kabisat dapat merayakan ulang tahun pada 28 Februari atau 1 Maret sebagai pengganti 29 Februari yang terjadi setiap empat tahun sekali.
 
2. Tradisi Leap Day
 
Leap Day atau sering disebut tahun kabisat mempunyai beberapa tradisi unik. Paling terkenal adalah tradisi Irlandia di mana wanita boleh melamar pria yang disukai pada saat Leap Day. Tradisi ini kemudian menyebar ke Amerika, Inggris, dan Skotlandia.
 
3. Kalender Georgia 
 
Sebelum kalender Georgia ada kalender serupa, yakni kalender Julian. Kalender ini dinilai belum sempurna karena memiliki perbedaan waktu sebelas menit antartahun kabisat dan tahun matahari.
 
Karenanya, untuk mengatasi masalah kalender Julius dibuat versi lebih akurat dan digunakan sampai sekarang, yakni kalender Georgia. Perhitungan kalender ini sesuai dengan siklus matahari.
 
(Zefanya Permata Nindyatama)

(and_)