Serba serbi

3 Rekomendasi Kuliner Kota Jogja, Wisatawan Wajib Tahu!

Wisata & Kuliner

07 Mei 2024 17:22 WIB

Gudeg Jogja (Foto: Instagram/@jogjabikinlaper)

Solotrust.com - Setiap sudut Kota Yogyakarta (Jogja) menawarkan aneka kuliner nikmat, mulai dari restoran hingga warung makan pinggir jalan.

Nah, kalau kamu saat ini lagi ada di Kota Gudeg, berikut rekomendasi lima kuliner wajib dikunjungi.



1. Gudeg Yu Djum Yogyakarta

Gudeg adalah kuliner khas Yogyakarta yang telah menjadi favorit banyak wisatawan saat berkunjung ke kota ini.

Gudeg Yu Djum telah menjadi ikon kuliner khas Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdiri sejak 1950, Gudeg Yu Djum masih eksis hingga saat ini.

Menu yang tersedia ada banyak varian, mulai dari nasi gudeg, gudeg besek, gudeg kendil, hingga gudeg kaleng. Rasa khas dari bahan-bahan pilihan yang telah melalui proses masak secara tradisional berdasarkan resep asli, dipertahankan turun temurun.

Gudeg Yu Djum punya banyak cabang tersebar di sejumlah tempat, di antaranya Gudeg Yu Djum Wijilan 167, Gudeg Yu Djum Stasiun Tugu Yogyakarta, Gudeg Yu Djum Bandara YIA, dan Coffe & Resto.

Tak heran jika Gudeg Yu Djum menjadi daya tarik utama bagi wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta. Memiliki aroma harum dan cita rasa lezat menjadikan Gudeg Yu Djum sebagai ikon kuliner saat berada Jogja.

2. Soto sampah

Soto yang satu ini memiliki keunikan pada namanya, yakni “sampah” terdengar tak layak untuk nama suatu makanan. Namun, siapa sangka makanan ini menjadi salah satu rekomendasi kuliner bagi wisatawan pecinta soto.

Nama sampah sendiri muncul dari pembelinya lantaran tampilanya terkesan berantakan. Betapa tidak, isiannya terdiri dari berbagai campuran rempah dan porsi yang tak biasa.

Soto sampah sudah ada sejak 1970-an dan masih mempertahankan resep turun temurun hingga kini. Satu porsi soto sampah berisi tauge, kol bihun, gajih sapi, dan juga kuah soto yang memiliki cita rasa khas. Seporsi soto bisa kamu nikmati mulai dari harga Rp8000 saja.

Soto sampah berlokasi di Jalan Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta. Tempat ini buka dari jam 07.00 hingga 03.00 WIB. Kendati tempatnya sederhana, namun soto sampah selalu diserbu pengunjung dan menjadi salah satu rekomendasi yang wajib kamu kunjungi.

3. Bakso Klenger Ratu Sari

Bakso menjadi salah satu kuliner yang jadi incaran saat musim hujan. Ya, di berbagai daerah, bakso punya variannya sendiri, tak terkecuali Yogyakarta.

Wisata kuliner bakso kali ini berbeda pada umumnya sebab yang ditawarkan bukan sekadar bakso biasa, namun dengan berbagai ukuran. Adapun ukurannya mulai dari yang biasa sampai berbobot 25 kg tersedia di resto bakso kawasan Jalan Perumas Mundu Saren Seturan, Caturtunggal, Depok ,Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bakso Kelenger Ratu Sari 2 merupakan pusat dari cabang yang ada di Yogyakarta. Resto ini buka setiap hari mulai jam 09.00 hingga 21.00 WIB.

Nuansa Bakso Kelenger Ratu Sari menggunakan tema restoran Thailand dan campuran tradisional Jogja. Selain ukuran dan nuansa tak biasa, bakso di tempat ini juga memii rasa sangat nikmat. Cukup merogoh kocek Rp15 ribu, kamu sudah bisa menikmati Bakso Klenger Ratu Sari. (Puji Lestari)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya