Hard News

Gowes Perempuan Berdaya Ajak Masyarakat Tertib Berlalu Lintas

Jateng & DIY

22 April 2018 16:49 WIB

Gowes Perempuan Berdaya saat Car Free Day (CFD) di area kawasan Ngarsopuro, Minggu (22/4/2018). (solotrust-vin)

SOLO, solotrust.com – Kesadaran masyarakat terkait pentingnya keselamatan berlalu lintas yang masih kurang, membuat Yayasan Kota Kita memberikan sosialisasi keselamatan berlalu lintas pada akhir pekan ini, Sabtu-Minggu (21-22/4/2018).

Bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta, Yayasan Kota Kita mengampanyekan ‘Women on Wheels’ (Perempuan Bersepeda).



Untuk diketahui, beberapa rangkaian kegiatan telah dilakukan sebelumnya. Seperti memberikan sosialisasi 'Keselamatan Berkendara kepada Perempuan Kota Surakarta' di kawasan Kantor Dishub Surakarta, Sabtu (21/4/2018) lalu.

"Melanjutkan rangkaian kegiatan yang kemarin, kita mengajak ibu-ibu PKK maupun publik untuk melakukan sepeda santai di CFD. Jadi selain menyehatkan, prinsip utamanya tentang keselamatan berlalu lintas," ungkap Staf Humas Yayasan Kota Kita, Paulista Surjadi usai kegiatan.

Paulista mengatakan, kegiatan yang bertajuk Gowes Perempuan Berdaya ini diikuti sebanyak 25 peserta perempuan. Dijelaskannya, gowes mengambil titik mulai dari perempatan Ngarsopuro dan berakhir di tempat yang sama.

Dirinya menjelaskan, para peserta telah bersepeda keliling Solo sejauh 5 km. Tak hanya bersepeda santai, panitia juga menyediakan stan servis sepeda secara gratis.

"Target semua peserta bisa bersenang-senang dan bisa menikmati bersepeda. Harapannya membuat sepeda jadi bagian kehidupan sehari-hari," kata Ita, panggilan akrabnya.

Pemilihan perempuan menjadi sasaran utama peserta sosialisasi, kata Ita, karena perempuan punya peran dan daya yang besar. Menurutnya, perempuan mampu menularkan tren berlalu lintas dan bersepeda aman kepada
keluarga dan kerabat.

"Selain itu perempuan punya daya tulang yang tinggi, ini yang dimaksud perempuan yang berdaya. Seperti ibu-ibu yang dalam pekerjaannya bisa menggenjot sepeda hingga 10-15 km. Kita ingin tekankan sepeda itu bagus, bahkan bisa jadi transportasi sehari-hari," tandas Ita.

Sebelumnya, Kabid Lalu Lintas Dishub Surakarta, Ari Wibowo mengatakan sosialisasi ini merupakan kerja sama antara Dishub dengan Yayasan Kota Kita. Dalam sosialisasi, pihaknya ingin mengajak masyarakat Kota Solo menggunakan sepeda sebagai transportasi sehari-hari.

"Kami ingin memberi sosialisasi kepada para ibu-ibu PKK untuk keselamatan berkendara menggunakan sepeda gowes," katanya. (vin)

(way)