Hard News

PT KAI Akan Operasikan Sementara Kereta Bandara untuk Rute Solo - Kutoarjo

Jateng & DIY

10 Mei 2018 07:55 WIB

Ilustrasi.

SOLO, solotrust.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menggunakan 2 rangkaian kereta api (KA) untuk melayani rute Solo - Kuotarjo. Rencananya, KA tersebut akan dioperasikan pada Jumat (11/5/2018).

Humas Daop VI PT KAI, Eko Budianto mengatakan PT KAI menyiapkan dua rangkaian dengan masing-masing empat gerbong. Terkait jadwal operasional KA dan jumlah perjalanan yang akan dilakukan dengan dua kereta ini masih dalam tahap pembahasan.



"Sambil menunggu rute KA bandara selesai, sementara ini KA dimanfaatkan untuk memecah kepadatan KA Prambanan Ekspres. Rencananya, satu akan ditaruh di Solo Balapan dan satunya akan ditempatkan di Kutoarjo dulu," ujarnya.

Rencananya KA berkapasitas 300 penumpang untuk sekali angkut tersebut akan digratiskan pada tiga hari pertama operasional. "Kalau normalnya nanti untuk tarif tiket masih kami rapatkan. Kemungkinan sekitar Rp 30 ribu - Rp 40 ribu penumpang," katanya.

Untuk jarak tempuh Solo-Kutoarjo sekitar 60 kilometer, waktu tempuhnya diperkirakan tidak jauh berbeda dengan Prameks. Namun dipastikan lebih andal dalam ketepatan waktu, sebab ke depan kereta ini akan terkoneksi dengan transportasi udara. Menurut Eko, jarak tempuh kereta ini bisa mencapai 30 menit dalam sekali perjalanan, dengan syarat tidak berhenti di tiap stasiun. Bila berhenti di stasiun, kemungkinan perjalanan memakan waktu antara 50 hingga 60 menit.

Senior Manager Protokoler PT INKA, Muhammad Cholik Zamzam membenarkan saat ini dua rangkaian kereta yang dipesan PT KAI telah disiapkan. PT KAI juga akan menambah 10 kereta lagi, namun pihaknya belum tahu pasti penggunaannya.

"Memang pesan 10 kereta lagi, apakah nantinya untuk kereta bandara atau yang lainnya semua terserah PT KAI," jelasnya. (Rum)

(wd)