Hard News

Hutan Lawu Terbakar, Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup

Jateng & DIY

20 Juni 2018 09:49 WIB

Ilustrasi. (dok/pixabay)

KARANGANYAR, solotrust.com- Kebakaran hutan melanda kawasan Gunung Lawu, tepatnya di Hargo Tiling, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (19/6/2018) petang. Demi keamanan, jalur pendakian Gunung Lawu ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Kebakaran hutan Gunung Lawu terlihat dari basecamp pos pendakian melalui Candi Cetho, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dari basecamp para pendaki melihat sejumlah titik api yang terus menyala di kawasan Hargo Tiling. Petugas dari Polres Karanganyar, BPDB Karanganyar serta relawan masih terus melakukan pemantuan titik api di kawasan Gunung Lawu. Terbakarnya kawasan hutan di Gunung Lawu membuat jalur pendakian ditutup untuk sementara. Ratusan pendaki yang akan bersiap melakukan pendakian terpaksa harus menunda kegiatannya mendaki gunung lawu. Para pendaki akhirnya pun hanya bisa bermalam di basecamp pendakian jalur Cetho.



Kebakaran tersebut diketahui terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Kawasan yang terbakar merupakan petak 63 A Resor Pemangku Hutan (RPH) Nglerak, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan(BKPH) Lawu Utara. Kawasan tersebut masuk dalam Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Pihak terkait terus melakukan koordinasi dan pemantauan titik api. Pagi ini tim dari Polres, Perhutani, BPBD Karanganyar, Basarnas serta relawan melakukan pendakian ke kawasan hutan lawu yang terbakar untuk melakukan pemadaman.

“Petugas bersama para relawan memprioritaskan untuk mengevakuasi para pendaki yang masih berada di kawasan Gunung Lawu.  Penyebab kebakaran pun belum dapat dipastikan lantaran penyisiran baru akan dilakukan pagi hari.” Tutur Kabagops Polres Karanganyar Kompol Soni Suharna. (joe)

(wd)