Hard News

Bentuk Ucapan Syukur, GKJ Gandekan Sala Timur Gelar Kirab Riyaya Unduh-Unduh

Jateng & DIY

17 Juni 2019 21:24 WIB

Suasara Kirab Riyaya Unduh-Unduh.


SOLO, solotrust.com- Ratusan jemaat Gereja Kristen Jawa (GKJ) Gandekan Sala Timur, Kota Surakarta mengikuti kirab gunungan hasil bumi, serta berbagai makanan, Minggu (16/6/2019). Kirab yang diberi nama riyaya unduh-unduh ini adalah  sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan akan segala berkat berkatnya dalam menyambut Pentakosta. Gunungan hasil bumi dan berbagai makanan dalam akhir kebaktian akan di lelang atau dijual kepada jemaat dan hasilnya untuk kegiatan gereja.  



Kirab dimulai dari Kelurahan Purwodiningratan dan berakhir di GKJ Gandekan Sala Timur dengan menempuh jarak sekitar 2 kilometer. Kirab diikuti ratusan jemaat dari anak kecil hingga orang dewasa, dengan kostum beraneka ragam dan unik. Kirab di berangkatkan oleh Camat Jebres Agung Riyadi di halaman kantor Kelurahan Purwodingratan. 

Barisan awal kirab riyaya unduh-unduh ini dimulai jemaat yang membawa spanduk riyaya unduh-unduh, disusul peserta dengan membawa lambang negara Garuda Pancasila dan bendera merah putih, kemudian disusul barisan jemaat yang berkostum gatotkaca dan werkudoro serta punakawan. Setelah itu diikuti ratusan jemaat yang membawa gunungan hasil bumi dan makanan yang akan di persembahkan di gereja. Setelah barisan sampai di halaman gereja, kemudian disambut oleh pendeta GKJ Gandekan Sala Timur, Wijaya Dwi. Semua gunungan dan persembahan dibawa jemaat di bawa ke dalam gereja untuk di doakan.  

Setelah itu dilaksanakan kebaktian riyaya unduh unduh di gereja. Usai kebaktian dilaksanakan lelangan barang barang atau hasil bumi gunungan yang dibawa jemaat untuk di persembahkan gereja sebagai bentuk ucapan syukur. Terlihat antusias jemaat dalam prosesi lelangan yang digelar di dalam gereja dan di halaman gereja.  

KETUA panitia acara Amang Darwiyanto seusai acara mengatakan, kirab riyaya unduh-unduh ini digelar sebagai bentuk komitmen jemaat atas ucapan syukur dari berkat yang diberikan oleh Tuhan selama ini, selain itu acara ini digelar sebagai peringatan pentakosta.

“Kirab ini merupakan langkah awal yang akan dilaksanakan tiap tahun. Terkait lelangan barang dan hasil bumi gunungan yang dibawa jemaat nantinya akan digunakan untuk kegiatan gereja.” Jelasnya.  

 Sementara itu Camat Jebres Agung Riyadi dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan kirab riyaya unduh-unduh ini.

“Harapan kita kegiatan serupa di gelar tiap tahun agar masyarakat sekitar juga merasakan serta melihat bentuk ucapan rasa syukur jemaat GKJ dengan di gelarnya kirab ini.” Harapnya. (joe)  

(wd)