Hard News

Perupa Asal Solo Abadikan Moment Rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo

Sosial dan Politik

17 Juli 2019 14:03 WIB

Kunara (58), Pelukis asal Solo dengan karya lukis spontannya yang bertema "Wujud Rekonsiliasi Jokowi Dan Prabowo", di Galery Pasar Seni Pujasari, Taman Sriwedari, Surakarta, Selasa (16/7/2019).


SOLO, solotrust.com- Pertemuan Presiden Jokowi dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto nampaknya menjadi hal yang selama ini dinanti oleh masyarakat, setelah sebelumnya berkontestasi di Pilpres 2019 lalu. Keduanya, akhirnya bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/7/2019) pukul 10.07 WIB. Moment harmonis tersebut, dianggap sebagai langkah rekonsiliasi yang diharap dapat diikuti oleh para pendukung.



Baca juga: Viral, Penampakan Pocong Naik Motor

Moment rekonsiliasi itu pulalah yang mengilhami Kunara (58), pelukis asal Solo, untuk menuangkan karya di atas kanvasnya yang berukuran 70 x 90 cm. Lukisan sketsa itu dibuatnya secara spontan (on the spot), yang ia garap selama 1 jam di workshop galery lukisnya, di Komplek Pasar Seni Pujasari yang terletak di sebelah timur Museum Radya Pustaka, kawasan Taman Sriwedari, Selasa (16/7/2019) siang. 

"Membuat lukisan ini, saya hanya butuh waktu 1 jam saja. Saya mencoba menuangkannya dalam bentuk lukisan agar bisa dikenang nanti. Dengan mengikuti perkembangan informasi, akhirnya muncul ide ini. Lukisan ini sengaja saya garap on the spot, supaya nggak ada rekayasa. Ini saya mengambil sebuah foto yang ada di medsos, hanya untuk acuan saja," tutur alumni mahasiswa Seni Rupa IKIP Semarang tahun 1980 itu kepada wartawan, usai proses pengerjaan lukisan tersebut.

Moment yang dianggap sebagai rekonsiliasi antara kedua tokoh nasional yang sedang duduk berdampingan di Stasiun MRT Lebak Bulus itu, dituangkan Kunara kedalam bentuk lukisan sketsa monokrom bernuansa sephia. Lukisan yang ia beri tema 'Wujud Rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo' tersebut, sengaja dibuatnya untuk ikut menyejukkan suasana politik di Indonesia saat ini.

"Waktu di MRT, Pak Jokowi dan Pak Prabowo bisa saling duduk berdampingan dan saling bertegur sapa dengan nada yang menyenangkan. Intinya, saya sebagai seniman juga ikut mensupport beliau berdua untuk menyejukkan negeri ini." imbuh Kunara.

"Kurang tahu nanti ya, soal mau dijual atau tidaknya. Pokoknya ini saya buat. Tapi kalau ada yang mau mengoleksi lukisan ini ya monggo saja, silahkan. Tapi untuk lukisan seperti ini terus terang agak tinggi, kita patok harga Rp 10 juta ya. Soalnya ini lukisan moment bukan sekedar lukisan biasa. Kalau pas pameran atau untuk pesanan ya beda lagi," beber pelukis yang akrab disapa Pak Kun itu.

Sebelumnya, kata Kunara, sudah banyak lukisan hasil karyanya, diantaranya ia sebutkan terpampang di Gedung Taman Balekambang Surakarta. Bahkan ada juga yang dibeli Jokowi sebelum menjabat sebagai Walikota Surakarta. Lukisan itu berupa sketsa mantan Presiden Palestina Yasser Arafat, saat ia pamerkan di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT).

Tonton Video: Amien Rais Tak Tahu Akan Ada Pertemuan Prabowo dan Jokowi

 

"Pak Jokowi waktu itu masih di Asmindo. Kebetulan saat itu, beliau saya undang untuk menyaksikan pameran lukisan saya. Disaat itulah Pak Jokowi mengoleksi lukisan saya," pungkasnya. (Kc)

 

(wd)