Hard News

Ribuan Anak Solo Meriahkan Puncak Hari Anak Nasional

Jateng & DIY

5 Agustus 2019 10:24 WIB

Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo dan Wawali Achmad Purnomo saat hadir dalam Puncak HAN 2019 di Pendaphi Gede Balai Kota Surakarta, Minggu (4/8/2019). (Dok. Humas Pemkot Surakarta).

SOLO, solotrust.com - Ribuan anak menghadiri penyelenggaraan puncak Hari Anak Nasional 2019 di Pendaphi Gede Balai Kota Surakarta, Minggu (4/8/2019).

Kegiatab diawali dengan kirab dari Ngarsopuro menuju Halaman Balai Kota yang diikuti ribuan peserta dari berbagai komunitas di sejumlah kelurahan, Forum Anak Surakarta hingga para pelajar yang menampilkan potensinya masing-masing.



Baca: Tak Lama Lagi, DPRD Sahkan Perda Kawasan Tanpa Rokok

Pada kesempatan itu, anak-anak memberikan lukisan bergambar wajah Wali Kota kebanggan mereka dan kaus bertuliskan Sahabat Ramah Anak yang diterima Wawali Achmad Purnomo. Hal itu sebagai simbol penghargaan dan harapan anak-anak  terhadap pemerintah untuk menjaga Kota Layak Anak di Solo.

Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan, bila Kota Surakarta tiga kali berturut-turut menyandang predikat Utama Kota Layak Anak. Hal ini membuktikan bahwa pemerintah hadir untuk menyediakan fasilitas dan lingkungan ramah anak.

"Anak-anak di Surakarta juga harus menjadi contoh dan teladan bagi anak-anak Indonesia, karena berkaIi-kali mendapatkan penghargaan dari Pusat , yaitu Kota Layak Anak kategori Utama 3 tahun berturut-turut," kata Wali Kota dalam sambutannya di hadapan peserta.

Saat ini, Pemkot tengah mengupayakan tahun depan mampu menyandang predikat Kota Layak Anak Paripurna dengan menghapus Iklan, Promosi, Sponsor rokok dan menerapkan Kawasan Tanpa Rokok di Kota Solo.

Rudy juga berpesan, bila Balai Kota tempat pemerintahan juga ramah anak, di mana anak-anak bisa memanfaatkannya untuk berlatih menari, menyanyi, gamelan dan lain sebagainya.

"Kita bukan hanya memiliki sekolah ramah anak saja, tetapi juga pemerintah ramah anak," ungkapnya.

Adapun pada peringatan Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2019 lalu di Makassar. Kota Surakarta diganjar enam penghargaan dari kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Selain menobatkan Kota Surakarta kembali menyandang predikat Utama KLA, sejumlah penghargaan diraih seperti penghargaan sebagai Pembina Forum Anak Terbaik Tingkat Kabupaten/Kota, Penghargaan sebagai Pelopor Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) dan Kelembagaan Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak Terbaik.

Baca: Yayasan Kakak Dorong Kawasan Tanpa Rokok, Lindungi Anak Dari Target Industri Rokok

Di samping itu, Kota Surakarta juga mendapatkan penghargaan untuk TK Negeri Pembina Jebres sebagai sekolah ramah anak pra-sekolah terbaik. Serta Forum Anak Surakarta memperoleh penghargaan DIFA Award sebagai forum anak terbaik bidang kesehatan. (adr)

(wd)