Hard News

Rute Penerbangan Tiongkok Ditutup Sementara, Begini Penjelasan Presiden

Sosial dan Politik

4 Februari 2020 06:06 WIB

Presiden RI, Joko Widodo. (dok. Instagram)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyampaikan penghentian sementara rute penerbangan langsung dari dan menuju Tiongkok mulai Rabu 5 Februari 2020, pukul 00.00 WIB.

"Mengikuti perkembangan wabah virus korona ini, Indonesia memutuskan untuk: pertama, menunda seluruh penerbangan langsung dari dan ke daratan RRT mulai hari Rabu, 5 Februari 2020, pukul 00.00 WIB," jelas Presiden dalam unggahan di akun Instagram @jokowi, Minggu, 2 Februaari 2020 malam.



Melansir dari teras, informasi penundaan rute penerbangan langsung dari menuju Tiongkok itu telah disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Hal itu ia sampaikan dalam konferensi pers seusai  rapat terbatas dengan Presiden di Pangkalan Udara TNI AU, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (2/2) petang.

Namun dalam konferensi pers tanpa sesi tanya jawab itu, Menlu hanya menyebut penundaan dilakukan mulai Rabu, tanpa menyebutkan tanggal yang dimaksud.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa semua pendatang yang tiba dari Tiongkok dan sudah berada di sana selama 14 hari, untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit di Indonesia.

Jokowi juga memutuskan untuk mencabut sementara fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrival untuk warga negara Tiongkok, sampai penyebaran virus corona berhenti. Terakhir, pemerintah meminta warga negara Indonesia untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke mainland Tiongkok.

“Ketiga, kebijakan pemberian fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrival untuk warga negara RRT yang bertempat tinggal di daratan RRT untuk sementara dihentikan. Terakhir, pemerintah meminta warga negara Indonesia untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke mainland China (Tiongkok -red).” Tulis Presiden. 

(wd)