Minggu , 25 Oktober 2020

SMPN 4 Solo Lestarikan Budaya Jawa Melalui Kegiatan Seni Tradisi

14 Februari 2020 11:10 WIB


Penampilan siswi SMP Negeri 4 Solo di Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO), Kamis (13/2/2020).


SOLO, solotrust.com- SMP Negeri 4 Solo menyelenggarakan seni tradisi ujian praktik untuk kelas 9 di Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO), Kamis (13/2/2020). Seni tradisi ujian praktik ini merupakan bentuk kolaborasi dari mata pelajaran Seni Budaya, Kesenian Daerah dan Bahasa Jawa.



Semua kegiatan tersebut ditangani oleh siswa-siswi SMP Negeri 4 Surakarta, mulai dari tim kreasinya hingga para pemainnya.


Kepala SMP Negeri 4 kota Surakarta Sri Wuryanti mengatakan, kegiatan gelar seni ini diadakan SMPN 4 sebagai bentuk kepedulian terhadap budaya Jawa. Instansi pendidikan menurutnya mempunyai kewajiban untuk memelihara dan terus melestarikan budaya.

“Diadakannya gelar seni adalah merupakan wujud peduli Budaya Jawa, karena kita lahir di Solo, siapa lagi yang melestarikan dan yang peduli pada budaya kita sendiri.” Ucap Sri Wuryanti.

Sri Wuryanti menambahkan, anak-anak didiknya menampilkan berbagai kesenian budaya, seperti  wayang orang, ketoprak dan sendra tari. Menariknya semua konsep yan gmereka tampilkan merupakan kreasi dari para siswa.


“Anak-anak dalam hal ini sembilan kelas dari kelas A sampai kelas I menampilkan beberapa beberapa jenis seni tradisi, mulai dari wayang orang, ketoprak, sendra tari, yang semuanya itu murni hasil kreasi anak-anak. Inilah yang dimaksud dengan merdeka belajar.” Tambahnya.

Pihak sekolah berharap dengan adanya pentas seni tradisi ini, anak-anak didiknya mau menjadi bagian untuk terus memliharan budaya daerah hingga ke depannya nanti.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com