Pend & Budaya

Maestro Seniman Panggung Bondan Nusantara Tutup Usia

Pend & Budaya

21 April 2022 10:27 WIB

Bondan Nusantara, maestro ketoprak dari Yogyakarta meninggal dunia pada Rabu (20/04/2022). (Foto: Instagram/@nusantarabondan)

Solotrust.com - Dunia seni pertunjukan panggung kembali kehilangan salah satu maestronya. Bondan Nusantara, selama ini dikenal sebagai salah seorang maestro ketoprak dari Yogyakarta, meninggal dunia pada Rabu (20/04/2022). Ia mengembuskan napas terakhir saat tengah tidur siang, tanpa mempunyai riwayat sakit.

Kabar meninggalnya Bondan Nusantara turut diungkapkan aktor film dan teater asal Yogyakarta, Whani Darmawan di laman Instagram.



"Kapundhut ing rikala sumarah marang ngahurip (sare). Allah berkenan kepadanya tanpa mengkaruniai sakit. Selamat jalan guru Bondan Nusantara," tulis akun Instagram @whanidarmawan.

Kepergian Bondan Nusantara cukup mendadak juga mengagetkan sutradara film, Hanung Bramantyo. Terlebih, suami Zaskia Adya Mecca beberapa waktu lalu sempat meminta sang maestro untuk menyempurnakan dialog Jawa di film Gatotkaca.

"Dua minggu lalu, saya masih chat beliau untuk kesempurnaan dialog-dialog Jawa di Film Gatotkaca. Hari ini saya dapat kabar beliau pulang ke sisi Allah. Innalillahi wa inna ilahi raji'un,," tulis akun Instagram @hanungbramantyo.

Mengutip akun Facebook Bentara Budaya, Rabu (20/04/2022), Bondan Nusantara selama ini selain populer sebagai seniman ketoprak, juga dikenal sebagai budayawan, sutradara, dan penulis naskah Komunitas Seni Dagelan Mataram Baru.

Ia juga dikenal sebagai seorang seniman yang membuat konsep pementasan Ketoprak Plesetan Sapta Mandala Kodam VII Diponegoro pada 1991.

Informasi diterima solotrust.com, Rencana Kebaktian Penghiburan akan dilaksanakan pada Kamis, 21 April 2022 pukul 12.00 WIB di rumah duka Sentanan, Bangunjiwo Kasihan Bantul. Jenazah rencananya dikremasi pukul 14.00 WIB di Krematorium Yayasan Wahana Mulia Abadi. (dd)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya