Serba serbi

Masyarakat Kota Semarang Dukung Walikota Tolak Kedatangan Kapal Pesiar Viking Sun

Kesehatan

5 Maret 2020 16:29 WIB

Kapal pesiar Viking Sun

SEMARANG, solorust.com - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menolak rencana kedatangan kapal pesiar Viking Sun yang akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Hal ini disampaikan melalui Surat resmi Walikota Semarang nomor B/1201/443/2020 yang ditujukan kepada Kepala kantor kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan kelas 1 Tanjung Mas, kepala kantor Imigrasi kelas 1 Tanjung Mas, Direktur Utama PT. Pelabuhan Indonesia III Regional Jawa Tengah, yang juga ditembuskan kepada Direktorat Jenderal, Direktur Polairut Polda Jateng, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas I Jateng.

Rencana Kapal Pesiar Viking Sun akan berlabuh di kota Semarang pada tanggal (05/03/2020). Sesuai dengan kesiapsiagaan menghadapi Coronavirus discase (Covid-19) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan pengendalian penyakit kementrian kesehatan  Republik Indonesia pada bulan februari 2020, yang mana seseorang yang memiliki riwayat perjalanan ke negara yang terjangkit pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala di sebut orang dalam pemantauan.



Dengan memperhatikan hal diatas, untuk melindungi warga Kota Semarang dan meminimalisir potensi kontaminasi dari segala sumber, maka secara tegas walikota semarang Hendrar Prihadi menolak Kapal pesiar Viking Sun beserta seluruh penumpang dan crew bersandar dan turun di kota semarang, hal ini juga diberlakukan  bagi kapal pesiar yang akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Mas Kota Semarang, khususnya  yang berasal dan pernah singah di negara terjangkit Covid-19.


Keputusan tegas dari Walikota Semarang mendapatkan dukungan dan apresiasi dari beberapa komunitas dan masyarakat Semarang, seperti dari lembaga Investigasi negara (LIN), Badan Advokasi Penyelamat Asset Negara (BAPAN), BPK Pemuda Pancasila, Paguyuban pelestarian Lingkungan kota semarang (PPL), juga banyak dari komunitas lainnya dan perorangan yang peduli dalam hal ini.

"Saya mengimbau seluruh warga kota semarang tetap waspada, menjaga kesehatan di lingkungan masing dan tidak perlu panik secara berlebihan." tegas Hendrar Prihadi.

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya