Rabu , 25 November 2020

Indonesia Pakai Fasilitas Obrolan Chatbot Covid-19 Lewat WhatsApp

20 Maret 2020 10:57 WIB


Ilustrasi

JAKARTA, solotrust.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 akan menggunakan fasilitas obrolan elektronik Chatbot Covid-19 guna membantu edukasi masyarakat dalam pencegahan virus corona (Covid 19). Layanan obrolan elektronik ini diluncurkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G Plate, Kamis (19/03/2020).

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo, layanan sudah bisa diakses publik sejak Kamis (19/03/2020) malam. Kendati demikian, sejauh ini masih terus dilakukan penyempurnaan oleh Kominfo.



"Chatbot Covid19.go.id dirancang untuk digunakan Gugus Tugas atas arahan langsung Menteri Kominfo beberapa waktu lalu," jelasnya, dikutip dari laman covid19.go.id.

Chatbot dapat terwujud atas kerja sama Kominfo dengan berbagai pihak yang tergabung dalam gugus tugas dan sejumlah pemangku kepentingan, di antaranya Kementerian Kesehatan, BNPB, KSP, BUMN, Telkom Group, dan WhatsApp Inc.

"Saat ini telah beredar luas melalui pesan WA sebagai berikut. Ketik 'Halo' atau ‘Selamat malam’ nanti akan dibalas otomatis. https://wa.me/6281133399000. Semoga Chatbot ini bermanfaat bagi masyarakat luas, khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19," ungkap Agus Wibowo.

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com