Senin , 25 Mei 2020

Kesederhanaan Sapardi Djoko Damono Melewati Peringatan Ulang Tahun ke-80

22 Maret 2020 07:00 WIB


Sapardi Djoko Damono.

Solotrust.com- Sapardi Djoko Damono merupakan seorang penyair Indonesia yang karya – karyanya abadi dan tak lekang oleh jaman. Puisinya yang terkenal berjudul aku ingin yang diaransement menjadi sebuah lagu musikalisasi puisi oleh almarhum Ari yang berduet dengan Reda. Lagu dengan judul sama dengan puisinya Sapardi ini pun banyak digunakan oleh anak muda untuk menyatakan cinta kepada perempuan yang dicintainya.

Sapardi ialah sosok penyair yang mencipta puisi dengan sederhana, namun mempunyai makna yang mendalam. Pada tanggal 20 Maret kemarin merupakan peringatan hari ulang tahun penyair kelahiran kota Solo ini. Dalam unggahan caption di instagramnya pada hari Jumat (20/3/2020), Sapardi dengan sederhana menguraikan kata untuk memperingati hari lahirnya,



“Tengah malam ini saya menyebrang ke umur 80, Alhamdulillah. Saya merasa bahagia telah menyelesaikan buku puisi MBOEL yang berisi 80 sajak, beberapa diantaranya saya congkel di sini. Buku itu belum resmi terbit, masih antri, merupakan semacam tribute untuk @sonyasondakh, perempuan perkasa yang selama puluhan tahun telah menemani dan mengurus saya sepenuhnya.“ tulis Sapardi di ulang tahunnya ke 80 yang sengaja membuat sebuah buku puisi untuk perempuan yang telah mengahabiskan waktu bersamanya selama puluhan tahun lamanya.

“Tadi barusan menerima hadiah ultah dari @sastragpu, yakni buku saya yang sudah terbit judulnya SEGITIGA, terima kasih. Ada juga foto peluncuran buku ‘Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang’ hasil kolaborasi dengan @rintiksendu. Ketika itu saya berjanji untuk ‘melanjutkan’ buku itu dengan sebuah novelet yang saya tulis sendiri, yang moga – moga bisa selesai sebe;um Juni 2020. Sementara judulnya ‘ Sunyi Adalah Minuman Keras’ Semoga semua lancar prosesnya.’  lanjut Sapardi dalam akun instagramnya.

Sapardi Djoko Damono menghabiskan masa mudanya di Solo. Sapardi tercatat pernah sekolah di SMPN 2 Solo lulus tahun 1955 dan juga SMAN 2 Solo lulus tahun 1958. Dia kemudian melanjutkan kuliah di Sastra Inggris Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Sapardi sendiri telah menelurkan ratusan karya sastra baik itu puisi maupn kumpulan cerpen. (dd)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com