Senin , 13 Juli 2020

Sidak Mal, Wawali Solo Temukan Antrean Kasir Tak Jaga Jarak

16 Juni 2020 12:31 WIB


Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo menggelar inspeksi mendadak (Sidak) keramaian pusat perbelanjaan di Solo Paragon Mall, Senin (15/06/2020)

SOLO, solotrust.com - Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo menggelar inspeksi mendadak (Sidak) keramaian pusat perbelanjaan di Solo Paragon Mall, Senin (15/06/2020). Baru melangkah masuk, Purnomo langsung menemukan antrean pembeli di kasir salah satu tenant tanpa mengindahkan social distancing atau jaga jarak.

Melihat hal itu, Wakil Wali Kota Solo langsung menegur petugas kasir dan meminta mereka untuk menerapkan social distancing, meskipun tidak dalam pantauan petugas. Hal itu sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 10 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Solo.



"Saya sampaikan agar tetap menerapkan protokol kesehatan demi kita bersama mencegah penularan virus corona," ujarnya.

Diakui Achmad Purnomo, tak mudah menerapkan Perwali di lapangan lantaran saat sidak mal dalam kondisi sepi. Jika mal dalam kondisi ramai, manajemen diminta untuk mengantisipasi hal itu.

"Sejauh ini kalau untuk sarana prasarana protokol kesehatan, pusat perbelanjaan sudah baik. Masuk sudah dicek suhu tubuh, termasuk yang menjadi perhatian kita adalah anak-anak jangan sampai berada di pusat keramaian. Hal itu karena berdasarkan pengalaman daerah lain yang telah menerapkan new normal, malah naik angka positif coronanya. Jangan sampai itu terjadi di Solo," tegasnya.

Direktur Operasional Solo Paragon Mall, Budianto Wiharto mengakui, sampai saat ini pihaknya semaksimal mungkin menjalankan kebijakan sesuai Perwali.

"Memang tidak mudah ya, terutama yang berkaitan dengan larangan bagi anak-anak, lansia, dan ibu hamil. Sebelumnya sudah ada, seorang pengunjung bersama anaknya dilarang masuk dan akhirnya harus berdebat, tapi kami berusaha tetap tegas," tukasnya. (awa)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com