Minggu , 1 November 2020

[Update Covid-19 Solo]: Klaster Ulang Tahun Tambah 2 Pasien Positif

24 September 2020 09:41 WIB


Ilustrasi (Foto: economictimes.indiatimes.com)

SOLO, solotrust.com - Ekor klaster ulang tahun di Kelurahan Jayengan kembali bertambah setelah hasil uji swab dua kontak erat dan dekat diketahui juga positif Covid-19. Keduanya tercatat menjadi pasien positif Covid-19 ke-610 dan 611 Kota Solo.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan hasil swab keduanya tidak keluar bersamaan, meski pengambilan spesimen di hari yang sama. Keduanya diketahui merupakan rekan kerja dan keluarga.



“Jadi setelah kemarin dua anak pasien hasil swab positif, ternyata ada anggota keluarga lainnya yang hasilnya positif. Pun dengan salah satu rekan kerjanya. Keduanya kami notifikasi Selasa (23/09/2020),” jelasnya.

Terkait awal mula munculnya klaster ulang tahun, Ning, sapaan akrabnya mengatakan, bermula saat salah satu warga Kelurahan Jayengan, Kecamatan Serengan menggelar pesta ulang tahun. Beberapa waktu kemudian salah satu kerabat hadir dirawat di rumah sakit dan hasil swab ternyata positif.

“Setelah tahu ada anggota keluarganya positif, yang di Kelurahan Jayengan melakukan uji swab mandiri dan ternyata hasilnya positif. Kami yang mendapat notifikasi pun langsung tracing kontak dekat dan eratnya ternyata dua anaknya juga positif. Ternyata benang merahnya mereka sama-sama menghadiri acara ulang tahun,” paparnya.

Dengan tambahan dua orang ini, jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Kota Solo sebanyak 611 orang. Rinciannya, 67 orang isolasi mandiri, 40 orang rawat inap, 478 orang sembuh, dan 26 meninggal dunia. Sementara, kumulatif pasien suspek mencapai 1169 orang dengan rincian 1.091 orang discard, 21 orang dirawat inap, satu orang isolasi mandiri, dan 56 suspek meninggal dunia. (awa)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com