Selasa , 1 Desember 2020

Umbul Ponggok dan Umbul Pelem Ditutup, 2 Pegawai Positif Covid-19

2 November 2020 17:31 WIB


Objek wisata air Umbul Ponggok

KLATEN, solotrust.com - Dua objek wisata air di Klaten, yakni Umbul Ponggok di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo dan Umbul Pelem di Desa Wunut, Kecamatan Tulung, ditutup sementara selama tiga hari. Hal itu menyusul adanya temuan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil swab test acak di objek wisata pada masa libur panjang pekan lalu.

Kepala Desa Ponggok, Junaedi Mulyono mengatakan, temuan positif Covid-19 setelah dilakukan tes swab secara acak kepada  pengunjung, pengelola serta pedagang di sejumlah objek wisata Klaten pada Jumat (30/10/2020).



“Sebenarnya pada Jumat lalu, Umbul Ponggok dikunjungi dari Pj Bupati dan Forkopincam Polanharjo. Waktu itu dikatakan aman dan yang paling diutamakan pengunjung sesuai protokol kesehatan,” katanya kepada solotrust.com, Senin (02/11/2020).

Diungkapkan, ada sembilan orang mengikuti tes swab. Hasil pengujian spesimen menunjukkan satu orang dinyatakan positif terkonfirmasi positif Covid-19 yang merupakan warga Ponggok. Sementara, delapan orang lainnya dinyatakan negatif.

“Satu orang itu karyawan tambahan untuk Hari Minggu karena pada Hari Minggu kebetulan ramai pengunjung,” jelas Junaedi Mulyono.

Sementara data dari Dinas Kesehatan (Dinkes), di Umbul Pelem ada sekira 21 orang mengikuti tes swab. Hasil pengujian spesimen menunjukkan satu pengunjung dari Sukoharjo dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 dengan 20 orang lainnya negatif. Kini para pegawai Umbul Ponggok melakukan sterilisasi lokasi umbul dan melakukan penyemprotan disinfektan.

“Saat ini pengelola masih menunggu koordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tingkat desa. Apabila tetap dibuka dikhawatirkan muncul klaster wisata,” tandasnya. (Jaka)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com