Selasa , 11 Mei 2021

Lagu Anak-anak Baby Shark Jadi Lagu Korsel Pertama yang Disertifikasi Diamond di AS

15 November 2020 10:00 WIB


"Baby Shark" (Sumber gambar: Instagram PinkFong)

Solotrust.com - Lagu anak-anak ″Baby Shark″ menjadi lagu Korsel pertama yang meraih sertifikasi diamond dari Recording Industry Association of America (RIAA), sebagaimana dikabarkan Joongang Daily dari Smart Study, perusahaan yang menciptakan lagu itu (13/11/2020).

Berdasarkan keterangan RIAA via lamannya, sebuah lagu disertifikasi diamond jika sudah terjual hingga 10 juta unit. Download digital dihitung sebagai 1 unit penjualan, sementara 150 kali streaming audio maupun video dihitung sebagai 1 unit.



Diamond adalah sertifikasi tertinggi di RIAA. Lagu disertifikasi gold jika sudah mencapai 500 ribu unit penjualan, platinum jika mencapai 1 juta unit, dan multi platinum jika mencapai 2 juta unit dan seterusnya.

Tak hanya diamond, "Baby Shark" juga sudah meraih 11 kali platinum dari RIAA. Ini sekaligus menjadi lagu anak-anak pertama yang mencapai sertifikasi itu.

Pada 2 November lalu video "Baby Shark" juga telah ditonton hingga lebih dari 7,038 miliar kali di YouTube, menjadikannya video yang paling banyak ditonton di YouTube, melampaui video musik "Despacito" dari Luis Fonsi dan Daddy Yankee.

"Baby Shark" pertama kali diunggah di YouTube pada 17 Juni 2016. Video berdurasi 2 menit tersebut memperkenalkan keluarga ikan hiu dengan gerakan tari yang ikonik, nada yang catchy dan lirik yang sederhana seperti "Baby shark, doo, doo, doo, doo, doo, doo".

Pada tahun 2019, "Baby Shark" juga berhasil tembus peringkat ke-32 chart Billboard HOT 100. Album “Pinkfong Presents: The Best of Baby Shark” juga pernah berada di peringkat ke-100 chart Billboard HOT 200.

Selain di Billboard, "Baby Shark" juga pernah berada di Top 40 dalam chart Official Singles di Inggris selama 8 minggu berturut-turut. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com