Rabu , 20 Januari 2021

Malam Tahun Baru, Polresta Solo Sisir Keramaian

31 Desember 2020 17:01 WIB


Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak

SOLO, solotrust.com – Menjelang Tahun Baru 2021, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Solo akan menyisir lokasi-lokasi berpotensi menjadi titik keramaian, Kamis (31/12/2020). Kegiatan ini akan dilakukan bersama tim gabungan TNI, Satpol PP, dan petugas medis.

Penyambutan Tahun Baru di tengah pandemi ini akan sangat berbeda karena pemerintah melarang adanya perayaan yang dapat memicu penyebaran Covid-19. Masyarakat pun diimbau untuk tetap di rumah saja.



Polresta juga akan melakukan penyekatan pada empat lokasi akses masuk Kota Solo. Penyekatan dilakukan berdasarkan kepentingan pengguna jalan yang melalui Kota Bengawan. Kegiatan ini akan dilakukan di Banyuanyar, Jurug, Tugu Makutha, dan Simpang Joglo.

“Berdasarkan kepentingan. Penyekatan juga sekaligus razia barang bawaan dan knalpot brong. Jangan ada kerumunan di Kota Solo,” terang Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, dikutip dari sebuah sumber.

Selain mengurai kerumunan, polisi juga akan merazia barang bawaan pengendara serta knalpot brong yang dianggap mengganggu kenyamanan warga.

Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyebutkan bagi siapa pun yang melanggar peraturan akan dijerat UU Karantina Kesehatan, UU Penyakit Menular serta pasal pidana. Dengan ketentuan itu, Kapolresta beserta tim gabungan telah menyiapkan tim khusus lain untuk memburu dan membubarkan kerumunan.

Pada akhir keterangannya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan kepolisian tidak menolerir warga yang menyalakan petasan dan kembang api sekecil apa pun. Hal ini dilakukan guna menjaga keamanan dan kenyamanan warga Kota Solo.

Sebelumnya, pihak Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) juga telah mengimbau warga untuk tidak melakukan perayaan apa pun terkait Tahun Baru dan akan mengejar siapa pun yang melanggarnya. Polda Jateng juga mengimbau warga agar tidak menyalakan petasan dan kembang api serta senantiasa mematuhi protokol kesehatan berlaku.

“Kami Polda Jawa Tengah mengingatkan dan mengimbau untuk tidak membuat acara apa pun di malam pergantian tahun, apalagi ada kerumunan dan membunyikan petasan,” imbau Kabidhumas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna. (dhk)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com