Sabtu , 8 Mei 2021

Hindari Mengenakan Tali Masker? Ini Bahayanya

23 Februari 2021 16:02 WIB


Ilustrasi. (dok. internet)

JAKARTA, solotrust.com– Kondisi pandemi yang belum usai memaksa masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan salah satunya memakai masker, tegrutama jika keluar rumah atau ke tempat umum. Bagi sebagian orang, memakai masker apa adanya  akan merasa kurang keren, akhirnya muncul inovasi tali masker, hingga akhirnya menjadi trend.

Namun ternyata penggunaan tali masker ini tidak dianjurkan oleh Satgas Penanganan COVID-19. Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Brigjen TNI (Purn) dr Alexander K Ginting dalam konferensi pers BNPB yang disiarkan Minggu (21/2/2021) melalui channel youtube BNPB mengatakan, pemakaian tali masker dapat berpotensi menyebarkan virus. Menurutnya jika masker diturunkan dengan tali pengait sampai ke dada, bagian dalam masker dapat berpotensi tertempel virus.



"Kalau kita turunkan pakai pengait itu sampai ke bawah, itu akan kena ke hijab, ke baju. Jadi sebenarnya bagian dalam masker itu tidak boleh kontak dengan lain-lain kecuali dengan bagian tubuh," kata Alexander.

Alexander manambahkan jika masker sudah dipakai maka jangan dilepas-lepas lagi, apalagi bersentuhan dengan bagian lain.

“Kalau dia (masker) sudah kontak dengan lain-lain, kita curiga dia sudah terinfeksi, apalagi tangan kita sudah menyentuh bagian luar, lalu menyentuh lagi bagian dalam.” Imbaunya.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com