Rabu , 12 Mei 2021

Ed Woodward Cabut dari Manchester United di Tengah Geger ESL

21 April 2021 12:48 WIB


Wakil Ketua Eksekutif Manchester United Ed Woodward bakal mundur dari jabatannya akhir tahun ini (Foto: BBC/Getty Images)

Solotrust.com - Wakil Ketua Eksekutif Manchester United Ed Woodward bakal mundur dari jabatannya akhir tahun ini. Kabar ini mencuat sebelum Manchester United (MU) bersama lima tim Liga Premier lainnya yang terlibat dalam Liga Super Eropa (ESL) yang diusulkan, menarik diri dari kompetisi.

Woodward bergabung dengan United pada 2005 dan telah menduduki jabatannya saat ini sejak 2012 silam. Dia memutuskan hengkang akhir tahun nanti, namun keputusan untuk mengumumkan kepergiannya telah diajukan baru-baru ini.



"Saya sangat bangga telah melayani United dan merupakan suatu kehormatan bekerja untuk klub sepak bola terbesar dunia selama 16 tahun terakhir," kata pria 49 tahun itu.

Setelah rencana untuk ESL diumumkan pada Minggu (18/04/2021) lalu, Woodward mengundurkan diri dari perannya di Dewan Strategi Sepak Bola Profesional UEFA.

BBC Sport melaporkan persetujuan itu dilakukan dengan keluarga Glazer selaku pemilik Manchester United secara kekeluargaan dan tak ada perselisihan.

"Atas nama semua orang di United, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih tulus kami atas kerja dan dedikasinya yang tak kenal lelah," kata Joel Glazer, dikutip Rabu (21/04/2021).

"Kontribusinya untuk klub sangat besar dan dia akan selalu diterima di Old Trafford sebagai bagian dari keluarga Manchester United," lanjutnya.

Langkah itu akan menghentikan hubungan yang telah terjalin lama antara Woodward dan keluarga Glazer.

Woodward sejauh ini telah memainkan peran utama dalam menyelesaikan pengambilalihan klub Manchester United yang kontroversial pada 2005. Namun, setelah menggantikan David Gill sebagai kepala eksekutif pada 2013, ia mendapat banyak kritik karena kegagalan klub untuk bersaing memperebutkan gelar Liga Premier. Terkadang kritik juga ditujukan karena kebijakan transfer pemain yang tidak rapi.

Woodward mengambil keputusan memecat David Moyes kurang dari setahun dalam kontrak enam tahunnya sebagai pengganti Sir Alex Ferguson. Louis van Gaal dan Jose Mourinho juga dipecat karena gagal memenuhi ekspektasi.

Manajer saat ini, Ole Gunnar Solskjaer ditunjuk pada Desember 2018 dan Woodward mendukung pelatih asal Norwegia itu, meski penampilannya tidak konsisten.

"Saya sangat senang dengan kemajuan yang dibuat para pemain di bawah kepemimpinan cerdik Ole Gunnar Solskjaer dan tim pelatihnya dalam dua tahun terakhir," kata Woodward.

"Saya yakin dengan perubahan yang telah kami lakukan di lapangan serta kepada staf pelatih dan sepak bola dalam beberapa tahun terakhir, klub hebat ini akan segera mengangkat trofi lagi. Itu memang pantas," lanjutnya.

Rumah Woodward di Cheshire sempat diserang sekelompok orang pada Januari 2020 lalu. Namun saat itu, sang empunya rumah tak berada di tempat. (and)

(end2021)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com