Ekonomi & Bisnis

OJK Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah Pascapandemi

Ekonomi & Bisnis

5 Juni 2021 16:31 WIB

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong pertumbuhan ekonomi daerah pascapandemi Covid-19

SOLO, solotrust.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong pertumbuhan ekonomi daerah pascapandemi Covid-19. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi daerah dinilai sebagai ujung tombak tumbuhnya ekonomi nasional.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso mengatakan, daerah merupakan ujung tombak perekonomian nasional. Sementara transaksi ekonomi yang banyak terjadi di Ibu Kota lebih pada transaksi internasional.



"Makanya kita dorong terus ini. Kita nanti akan bantulah. Salah satunya, yaitu dengan membangun kawasan. Pembangunan kawasan harus dilakukan secara terintegrasi," paparnya ketika memberikan pengarahan pada kepala daerah se-Soloraya, Jumat (04/06/2021) di Kantor OJK Solo.

Menurut Wimboh Santoso, terintegrasi dalam pembangunan kawasan di daerah harus dilakukan, baik antarpemerintah daerah, pemerintah provinsi, dan pemerintah pusat.

"Penting sekali dilakukan, bagaimana mempercepat pemulihan ekonomi pascapandemi. Selain itu yang tidak kalah penting adalah mengoptimalkan sektor wisata yang ada di daerah," imbuhnya.

Sementara itu, beberapa sektor yang dapat didorong selain potensi pariwisata, yaitu adanya perhelatan. Dalam hal ini, perhelatan juga bisa segera dilakukan untuk mendorong belanja masyarakat.

"Kalau perhelatan tidak dilakukan ya ekonomi akan sulit tumbuh positif. Sumber Produk Domestik Bruto (PDB) kita yang masih negatif dan perlu didorong, di antaranya konsumsi dan investasi dalam negeri," pungkasnya. (awa)

(and_)