Entertainment

40 Tahun Berkarya, Garin Nugroho Garap Film Sarung

Musik & Film

11 Juni 2021 22:33 WIB

Garin Nugroho (Foto: Instagram @garin_film)

Solotrust.com - Banyak hal dilakukan guna menandai peristiwa istimewa dalam hidup. Pun demikian dengan sutradara film Garin Nugroho. Ia menandai pencapaian 40 tahun berkarya dengan memproduksi film pendek tari berjudul Sarung.

Film Sarung rencananya diputar secara online di Esplanade Singapura pada 10 hingga 27 Juni 2021 dalam rangkaian acara Pesta Raya. Garin menggandeng beberapa pemain berlatar belakang tari serta teater, di antaranya maestro tari tradisi Rusini, penari Otniel Tasman, Mike Hapsari, dan pemain teater dari Makassar/Yogyakarta Abdi Karya.



Berkaca dari sarung yang biasa digunakan untuk berbagai aktivitas keseharian, Garin mencoba membedah serta mengeksplorasinya lewat sebuah sajian film tari.

"Sarung menjadi bagian hidup sehari-hari, religi, fashion hingga ekspresi, namun juga kekerasan, ia rahim manusia," bunyi caption unggahan video cuplikan film Sarung di akun Instagram @garin_film.

"Short film tentang keinginan lahir baru dalam rahim ibu sebagai hutan yang baru," lanjut Garin Nugroho dalam postingannya tentang makna dibalik pembuatan film pendek Sarung. (dd)


(and_)