Hard News

Kanwil Kemenkumham Jateng Serahkan Sertifikat Sarung Batik Pekalongan

Jateng & DIY

3 April 2023 12:01 WIB

Kanwil Kemenkumham Jateng bekerja sama dengan Direktorat Merek dan Indikasi Geografis pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, dalam hal ini diwakili Direktur Kurniaman Telaumbanua menyerahkan sertifikat Sarung Batik Pekalongan kepada Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid, Sabtu (02/04/2023).

PEKALONGAN, solotrust.com - Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah (Kemenkumham Jateng) bekerja sama dengan Direktorat Merek dan Indikasi Geografis pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, dalam hal ini diwakili Direktur Kurniaman Telaumbanua menyerahkan sertifikat Sarung Batik Pekalongan kepada Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid, Sabtu (02/04/2023).

Sertifikat itu tercatat sebagai Indikasi Geografis Kota Pekalongan. Seremoni penyerahan digelar di Kantor Pemerintah Daerah Kota Pekalongan tepat di hari jadi Kota Batik.



Pekalongan sendiri terkenal memiliki ragam motif batik sebagai ciri khas, salah satunya motif batik jlamprang. Motif ini juga didaftarkan Pemerintah Daerah Kota Pekalongan sebagai Ekspresi Budaya Tradisional.

Sertifikat pencatatan untuk motif batik jlamprang sebagai ekspresi budaya tradisional diserahkan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Jateng Nur Ichwan di kesempatan yang sama.

Selain itu ada beberapa sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal lainnya turut diserahkan pada momen itu berupa Pengetahuan Tradisional Makanan khas Pekalongan, antara lain megono, tauto, garang asem, lopis syawalan atau raksasa, coro, dan nasi uwet.

Sertifikat Indikasi Geografis dan Kekayaan Intelektual Komunal merupakan pengakuan resmi sekaligus perlindungan hukum dari negara atas produk Kekayaan Intelektual sebagai ciri khas suatu daerah dan sebagai peluang bisnis dalam rangka mendorong ekonomi kreatif.

Turut hadir dan menyaksikan kegiatan, kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Pekalongan, konsultan UI, ketua Paguyuban Sarung Batik Pekalongan, kepala Bidang Pelayanan Hukum, kepala Sub Bidang Kekayaan Intelektual Kanwil Kemenkumham Jateng beserta tim.

(and_)