Ekonomi & Bisnis

Beri Dukungan bagi Batik Pekalongan, Kemenkumham Jateng Hadiri Inacraft 2023

Ekonomi & Bisnis

2 Maret 2023 10:58 WIB

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Nur Ichwan menghadiri pembukaan kegiatan Inacraft 2023 di Jakarta Convention Centre, Rabu (01/03/2023). (Foto: Dok. Istimewa)

PEKALONGAN, solotrust.com - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Tengah melalui Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Nur Ichwan menghadiri pembukaan kegiatan Inacraft 2023 di Jakarta Convention Centre, Rabu (01/03/2023). Rencananya kegiatan ini digelar mulai 1 hingga 5 Maret 2023.

Kehadiran Kadiv Yankumham bersama tim Subbidang Pelayanan Kekayaan guna mendampingi dan memberikan dukungan kepada Masyarakat Pelindungan Indikasi Geografis (MPIG) Sarung Batik Pekalongan yang ikut serta dalam pameran.



Rencananya tim kantor wilayah akan mendampingi MPIG hingga penutupan pada 5 Maret 2023. Langkah ini sebagai wujud komitmen dan dukungan berkelanjutan. Artinya, tidak hanya dalam proses pengajuan indikasi geografis, namun juga mendukung komersialisasi produk indikasi geografis, sehingga dapat dikenal luas masyarakat yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan anggota MPIG secara khusus, dan masyarakat Pekalongan secara lebih luas.

Sebagai informasi, sarung batik Pekalongan telah memiliki reputasi di kalangan pecinta sarung batik. Motif ditawarkan beranekaragam. Secara garis besar standar kualitas sarung batik Pekalongan ditentukan tiga faktor, yakni teknik pembuatan, jenis kain dan kerapian dengan bobot berbeda-beda.

Dalam kesempatan itu, MPIG Sarung Batik diwakili Wulan. Menurutnya, sarung batik Pekalongan ada yang dibuat dengan metode pencantingan, cap, dan kombinasi keduanya.

Jenis kain dibedakan menjadi dua kelompok, kelompok sutera dan kelompok katun atau viscose atau rayon.

Sutra sendiri merupakan serat protein alami yang dapat ditenun menjadi tekstil. Jenis sutra paling umum didapat dari kepompong yang dihasilkan dari larva sutra murbei. Sutra memiliki serat mulus lembut, namun tidak licin.

Sementara kain katun atau sering disebut mori batik adalah kain yang umum digunakan untuk membuat batik. Terdapat empat jenis kain katun yang biasa digunakan untuk batik, yakni kain katun primisima, katun prima, katun biru, dan katun blaco.

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya