Hard News

Gibran Sebut RS Darurat Donohudan Khususnya Lantai 1 Siap Dioperasikan

Jateng & DIY

7 Agustus 2021 10:41 WIB

Ilustrasi rumah sakit (Foto: Pixabay)

SOLO, solotrust.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebutkan lantai 1 RS Darurat Covid-19 di Donohudan siap menampung pasien. Lantai tersebut memiliki kapasitas 40 tempat tidur dan delapan HCU.

RS darurat Donohudan akan menampung warga terpapar Covid-19 di wilayah Soloraya. Nantinya, RS ini hanya akan merawat pasien dengan gejala ringan dan sedang.



"Lantai 1 sudah siap menampung pasien. Alat kesehatannya sudah lengkap. Tenaga kesehatan (Nakes)-nya juga sudah ada. Untuk nakes ditangani langsung oleh RSUD Dr Moewardi Solo," paparnya, Jumat (06/08/2021).

RS darurat Covid-19 menempati Gedung Madinah Kompleks Asrama Haji Donohudan Boyolali. Jika beroperasional secara maksimal, RS darurat dengan tiga lantai ini mampu menampung 344 pasien Covid-19.

"Selain lantai 1 tinggal beres-beres saja. Tidak lama lagi pasti juga siap dioperasikan. Fasilitasnya sudah lengkap," imbuh Gibran Rakabuming.

Ditambahkan Direktur RSUD Dr Moewardi Solo, Cahyono Hadi, sebanyak 40 tenaga kesehatan dari rumah sakitnya siap diperbantukan di RS Darurat Covid-19. Nantinya, mereka akan bertugas dengan sistem shift.

"Nakesnya nanti 80 orang. Sebanyak 40 nakes dari kami, sisanya nanti dari relawan. Selama pandemi ini nakes kami akan diperbantukan hingga pandemi berakhir. Jadi nanti diatur dengan sistem shift," terangnya. (awa)

(and_)