Ekonomi & Bisnis

Bank Mandiri dan Dinkop UKM Solo Jalin Kerjasama Untuk Digitalisasi dan Pengembangan UMKM

Ekonomi & Bisnis

30 September 2021 15:57 WIB

Kerjasama antara Bank Mandiri dan Dinas Koperasi dan UKM Kota Solo terkait pengembangan UMKM

SOLO, solotrust.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk turut mendukung digitalisasi dan pengembangan UMKM menjalin kerjasama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Solo.

Vice President Bank Mandiri Area Solo, Ony Suryono Widodo mengatakan, upaya pemerintah kota Solo soal pengembangan UMKM melalui program Adipati Solo dan Solo Great Sale sejalan dengan program Bank Mandiri yang bernama Wirausaha Muda Mandiri (WMM).



"Program Wirausaha Muda mandiri bertujuan untuk menciptakan sebanyak mungkin wirausaha muda sukses dan beretika di seluruh Indonesia dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," terang Ony, Kamis (30/9/2021).

Kerjasama antara Bank Mandiri dan Dinas Koperasi UKM Solo telah diawali pada 17 September 2021 yakni dengan penandatanganan pembaruan MoU Pemanfaatan Layanan Perbankan, Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di STP Solo.

Kemudian kerjasama dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Dinas KUKM Kota Solo yang ditandatangani pada Kamis, 30 September 2021 di Menara Mandiri Solo.

"Perjanjian kerjasama ini mengenai pelatihan serta penyediaan produk dan layanan perbankan kepada usaha mikro, kecil dan menengah yang diharapkan mampu memberikan manfaat positif dan menaikkan kelas UMKM di Surakarta," papar Ony.

Bank Mandiri Solo telah melaksanakan pelatihan kepada pelaku UMKM sejak Maret 2021 dengan penyelenggaraan dalam 14 batch dan diikuti sebanyak 300-an UMKM. Kegiatan tersebut berdampak positif pada kredit retail Bank Mandiri Area Solo.

"Sampai dengan Agustus 2021, kredit retail Bank Mandiri Area Solo dapat tumbuh 8 % secara year to date," kata Ony. (rum)

(zend)

Berita Terkait

Berita Lainnya