Hard News

Jubir Satgas Covid-19 Reisa Apresiasi Partisipasi Keraton Surakarta Vaksinasi Ribuan Warga

Jateng & DIY

23 Oktober 2021 17:05 WIB

Juru Bicara Satgas Covid-19 Reisa Broto Asmoro saat menghadiri pelaksanaan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Sabtu (23/10/2021)

SOLO, solotrust.com - Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat berpartisipasi dalam percepatan target capaian vaksinasi di wilayah Soloraya. Kali ini, pihak keraton menggelar vaksinasi dosis kedua di Sasana Sumewa atau Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Koordinator Pelaksana Sentra Vaksinasi Keraton Surakarta Hadiningrat, RAy Febri H Dipokusumo, menjelaskan target capaian vaksinasi hari ini adalah 15 ribu vaksin di area Solo dan sekitarnya. Pada hari yang sama, di Karanganyar juga diselenggarakan vaksinasi dosis kedua untuk 3500 peserta dan di Sukoharjo 1500 peserta.



"Dengan adanya kegiatan ini kami sangat senang melihat antusiasme masyarakat yang luar biasa, datang untuk vaksin kedua," kata Febri Dipokusumo di sela kegiatan vaksinasi di sentra vaksinasi Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Surakarta Hadiningrat, Sabtu (23/10/2021).

Ia menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi ini tidak menggunakan metode SMS atau sistem yang merepotkan masyarakat. Sejak hari pertama vaksinasi, seluruh peserta sudah menerima sertifikat langsung dan di aplikasi PeduliLindungi sudah ada barcodenya.

"Di situ sudah tertera tanggal berapa mereka harus kembali, sehingga di sini menunjukkan kedisiplinan, kepatuhan, dan kesadaran masyarakat di Solo sudah sangat tinggi untuk datang di vaksinasi kedua ini," kata Febri Dipokusumo.

Pihaknya berharap apa yang dilakukan Raja Keraton Surakarta Sinuhun Pakubuwono XIII bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu juga membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi dan percepatan mencapai target herd immunity atau kekebalan komunitas.

Kegiatan vaksinasi ini juga berkaitan dengan pariwisata. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sebagai pemangku budaya telah menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang berlaku dan mulai kembali menjalankan kegiatan pariwisata.

Febri Dipokusumo mengungkapkan, saat ini Museum Keraton Surakarta sudah kembali dibuka bagi para pengunjung dengan syarat prokes lengkap. Bahkan, setiap Sabtu jam 16.00 hingga 17.00 WIB berlangsung devile prajurit di Kori Kamandungan Keraton Surakarta yang menjadi daya tarik wisata tersendiri.

"Ini menunjukkan keraton sudah siap membuka diri dan sudah siap dengan standar new normal yang berlaku. Ditambah dengan vaksinasi ini, diharapkan mempercepat pemulihan, sektor ekonomi meningkat, dan juga pariwisata tentu saja ikut terbantu," papar dia.

Dalam kesempatan itu, hadir pula Juru Bicara Satgas Covid-19 Reisa Broto Asmoro. Ia mengapresiasi partisipasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dalam percepatan vaksinasi di wilayah Soloraya.

"Kita punya target masyarakat Indonesia segera tervaksinasi. Bapak Presiden sendiri menginginkan agar akhir tahun ini seluruh masyarakat Indonesia selesai divaksin. Jadi dengan adanya kegiatan hasil kerja sama berbagai pihak ini akan mempercepat distribusi dan pemberian vaksinasi kepada masyarakat lebih luas. Semoga ini bisa ditiru oleh pihak lain," beber Reisa Broto Asmoro. (rum)

(and_)