Hard News

Luhut: Kasus Covid 19 pada Jawa-Bali Menurun 98,9 Persen

Nasional

26 Oktober 2021 09:46 WIB

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan dalam siaran pers pada kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (25/10). (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, solotrust.com – Kasus Covid 19 di wilayah Jawa - Bali mengalami penurunan hingga 98,9% dari kasus puncaknya 15 Juli lalu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan dalam siaran pers pada kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (25/10).



Jika kondisi ini tetap dijaga penurunan level di berbagai kabupaten dan kota di wilayah Jawa dan Bali dapat memberikan dampak terhadap kenaikan indeks komposit mobilitas di atas base line.

"Kuncinya adalah pemerintah masih mampu melakukan briefing kepada jajarannya untuk memberikan pengawasan dan memperhatikan prokes (protokol kesehatan)," terang Luhut.

Meski demikian, masih terdapat peningkatan kasus di 105 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang dapat memicu gelombang tiga.

“Presiden juga mengingatkan agar melihat kota dan kabupaten tersebut secara lebih mendetail dan segera menurunkan tim di lapangan untuk melakukan intervensi di wilayah tersebut,” kata Luhut.

 Berkaca pada kenaikan kasus di banyak negara lain, Luhut mengingatkan agar masyarakat tidak lengah meski angka kasus Covid-19 cukup rendah dengan tetap patuh menerapkan protokol kesehatan. Sehingga pemerintah tidak mau terburu-buru melakukan relaksasi kegiatan sosial.

“Kita dapat menahan gelombang baru dengan terus mengendalikan jumlah kasus yang tambah perhari, dan itu harus dibawah 2700 kasus, kita bersyukur hari ini kasus  di bawah 1000 dalam seminggu terakhir ini," pungkasnya. (anis)

(zend)