Hard News

Pemkot Solo Mulai Gelar Vaksinasi Booster 14 Januari 2022

Jateng & DIY

12 Januari 2022 19:31 WIB

Ilustrasi vaksinasi (Foto: Pixabay/Whitesession)

SOLO, solotrust.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan mulai menggelar vaksinasi booster bagi warga umum pada 14 Januari 2022. Sasaran vaksinasi booster tahap pertama nantinya kaum lanjut usia (Lansia).

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, meskipun pemerintah pusat menginstruksikan vaksinasi booster mulai 12 Januari, Pemkot Solo memerlukan persiapan untuk pelaksanaan tahap pertama.



"Jumat, 14 Januari besok kita mulai. Kita kan perlu persiapan, selain itu stok vaksinnya juga masih terbatas, tapi tenang saja, Jumat kita mulai dan selalu paling cepat. Nanti kita minta stok vaksin tambahan," ujarnya, Rabu (12/01/2022).

Adapun untuk tahap pertama vaksinasi booster, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo akan menggunakan vaksin jenis AstraZeneca dan Pfizer. Pemilihan vaksin ini disesuaikan dengan jenis vaksin dosis pertama dan dosis kedua yang digunakan DKK Solo untuk masyarakat.

"Meski stok vaksin terbatas, tapi nanti pelaksanaannya terus seperti biasa. Tetap bergantung suplai vaksin ya. Nanti coba kami koordinasikan dengan kabupaten sekitar yang memiliki AstraZeneca dan Pfizernya kedaluwarsa bulan-bulan ini. Coba kami mintakan biar diakomodasi di Solo," tandas Gibran Rakabuming.

Sementara itu, Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih menambahkan, meskipun sampai saat ini petunjuk teknis (Juknis) pelaksanaan vaksinasi booster belum turun dari pusat, namun sesuai instruksi, sasaran pertama vaksinasi booster di Solo adalah lansia.

"Mekanismenya nanti saya hubungi kelurahan. Intinya, kami memberikan booster ke masyarakat sesuai dengan arahan presiden. Semua bertahap, maka saya minta masyarakat sabar. Begitu ada vaksin pasti kami mainkan. Masyarakat tidak usah khawatir," pungkasnya. (awa)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya