Hard News

Penumpang Meningkat, Diprediksi Besok dan Lusa Puncak Arus Mudik Bus di Solo

Jateng & DIY

28 April 2022 16:34 WIB

Pemudik di dalam Terminal Tirtonadi, Solo. (Foto: Dok. Solotrust.com/bima)

SOLO, solotrust.com - Terminal Tirtonadi mengalami lonjakan penumpang sebanyak 8.905 penumpang pemberangkatan maupun kepulangan pada Rabu (27/4) dari sebelumnya 6.803 penumpang pada Selasa (26/4) sehari sebelumnya.

Dari total 8.905 penumpang itu sudah termasuk 22 bus yang mengangkut 279 pemudik gratis yang tiba di terminal tesebut pada Rabu (27/4). Sementara, masih terdapat beberapa bus mudik gratis yang baru akan diberangkatkan pada Kamis (28/4) ini dan seterusnya.



Kepala Terminal Tirtonadi, Joko Sutriyanto memprediksi puncak arus mudik bakal terjadi Jumat (29/4) besok dan Sabtu (30/4) lusa, menyusul kedatangan bus-bus mudik gratis tersebut. Ditambah, bus-bus reguler lainnya.

"Pemberangkatan orang hari ini dan besok, prediksi puncak mudik gratis dan reguler tanggal 29 atau 30," katanya Kamis (28/4).

Mengatisipasi puncak arus mudik itu, pihak terminal juga segera mengeluarkan bus-bus yang sudah masuk ke dalam terminal, terutama bus mudik gratis. Hal ini dilakukan supaya tidak menganggu lalu lintas bus dalam terminal.

"Kita sistemnnya bongkar orang, bus keluar, jadi jangan sampai menganggu bus reguler," terangnya.

Selain bus mudik gratis, pihak Terminal Tirtonadi juga disibukan dengan kedatangan truk-truk pengangkut sepeda motor peserta mudik gratis dari Kemenhub, Pemrov DKI Jakarta, dan Pemrov Jateng.

Total terdapat 14 truk yang masing-masing mengangkut 30-35 sepeda motor, ditampung pihak terminal.

Motor-motor yang telah tiba tersebut akan ditempatkan di area rooftop Terminal Tirtonadi, sebagai antisipasi kepadatan pengambil motor yang dikhawatirkan menganggu lalu lintas bus.

"Nanti setelah datang kita tata di lantai atas, pengambilan sepeda motor di atas, biar crowded-nya tidak terjadi," tukasnya. (dks)

(zend)